Walhi Sulsel Gagas Peta Partisipatif di Kabupaten Maros

Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:25 WIB
loading...
A A A
"Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya minta seluruh camat untuk hadir langsung di kegiatan ini. Kami minta ada laporan terinci dari hasil kegiatan ini. Supaya kami tau kecamatan disana membutuhkan apa, dan kecamatan lainnya butuh apa,"ujarnya.





Sekedar diketahui, pad tahun 2017 lalu, Walhi Sulsel telah menyerahkan peta partisipatif desa se-Kecamatan Bontoa ke Pemkab Maros. Proses pembuatan peta tersebut dilaksanakan oleh masyarakat di delapan desa dan satu kelurahan. Di antaranya yakni Desa Salenrang, Botolempangan, Ampekale, Bonto Bahari, Pajukukang, Minasa Upa dan Bontoa.

Pemetaan partisipatif merupakan proses pembuatan peta desa atau peta wilayah kelola rakyat yang dilakukan oleh masyarakat secara partisipatif. Masyarakat desa merencanakan dan melakukan pemetaan di wilayah masing-masing.

Pihak Walhi Sulsel, didukung tim dari Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP) dan Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) merampungkan proses fasilitasi pemetaan partisipatif. Proses pemetaan partisipatif desa di Kecamatan Bontoa juga untuk merekonstruksi sejarah masing-masing desa, mempelajari ekologi, budaya, pengelolaan lahan serta penyelesaian tata batas.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)