TOPIK TERPOPULER

Kamsina Ajak Santri Bantu Pemerintah Dongkrak Cakupan Vaksinasi

Herni Amir
Kamsina Ajak Santri Bantu Pemerintah Dongkrak Cakupan Vaksinasi
Pj Sekkab Gowa Kamsina mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional di Pesantren Sultan Hasanuddin. Foto: Herni Amir

GOWA - Dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi Covid-19, seluruh pihak diharapkan terlibat penuh. Salah satunya yang diharapkan berkontribusi yakni para santri yang tersebar di sejumlah daerah.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Kamsina, pada upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Pesantren Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Jumat (22/10). Kata dia, sudah semestinya santri ikut berkontribusi membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi virus korona.

Baca Juga: Pimpin Upacara Hari Santri, Andi Utta Pakai Baju Koko dan Sarung

"Kita berharap ke depan seluruh santri ini makin siaga, khususnya di masa pandemi Covid-19 dengan ikut berpartisipasi dan ikut andil dalam melakukan vaksinasi yang digalakkan oleh pemerintah. Terlebih sebelum sekolah tatap muka dilakukan, makanya diharapkan seluruh santri telah melakukan vaksin," kata Kamsina.

Tahun ini, peringatan HSN mengangkat tema 'Santri Siaga Jiwa Raga'. Hal itu bermakna sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.



"Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan akhlak dan ilmu, tapi juga mensucikan jiwa yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gowa, Adliah, pada kesempatan itu mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional 2021 dipusatkan di Pesantren Sultan Hasanuddin dengan menghadirkan seluruh pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa.

Ia mengaku setiap tahunnya pelaksanaan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Gowa dilakukan di pesantren yang berbeda, seperti tahun sebelumnya dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum dan Pesantren Muslim Madani.

"Peringatan hari santri ini dilakukan secara bergilir di pesantren-pesantren yang ada di Gowa setiap tahunnya, sehingga tahun ini dilaksanakan di Pesantren Sultan Hasanuddin dengan melibatkan semua pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa," katanya.



(tri)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!