TOPIK TERPOPULER

Penerapan PTM Tingkat SD di Makassar Diminta Hati-hati

Ashari Prawira Negara
Penerapan PTM Tingkat SD di Makassar Diminta Hati-hati
Penerapan PTM tingkat SD di Makassar harus dilakukan dengan Hati-hati. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat Sekolah Dasar (SD) dipastikan dimulai pada awal November 2021 mendatang, DPRD Kota Makassar meminta Pemkot hati-hati dalam penerapannya.

Pasalnya potensi kasus Covid-19 anak tetap ada, sehingga penerapan PTM terhadap SD harus diatensi khusus oleh Dinas Pendidikan.

Baca Juga: Siswa dan Guru Terpapar COVID-19 Lebih 5 Persen, PTM 12 Sekolah di Bandung Dihentikan

"Semua hal akan jadi pertimbangan. Dan dijadikan masukan, jadi harus hati-hati dalam bersikap terhadap PTM SD," tegas Wahab.

Sekretaris DPD II Golkar Makassar tersebut meminta agar simulasi PTM diterapkan hanya pada kelas 5 dan 6 dulu, lantaran adanya faktor psikologis.



"Perlakuannya SD ini harusnya memang lebih khusus, lebih hati-hati. Kita minta yang diutamakan itu kelas 5 dan 6 saja dulu, nanti kalau sudah aman baru boleh yang dibawahnya," katanya.

Dihubungi, Ahli Epidemiologi Unhas Prof Ridwan Amiruddin menilai Penerapan PTM terhadap SD bisa saja dilakukan lantaran status Makassar sudah level II. 

Hanya saja potensi ledakan kasus tetap ada, utamanya adanya kekhawatiran gelombang ketiga kembali terjadi di akhir tahun ini.

"Penularan kan sekarang level dua, bahkan beberapa daerah itu sudah ada yang sejak lama buka. Jadi pemkot harus fokus pada protokolnya, ini harus ketat. Guru tenaga pendidik dan kependidikan harus sudah divaksin, tempat cuci tangan apa harus lengkap," urainya.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!