Persoalan Kemiskinan Ekstrem Jadi PR yang Perlu Dituntaskan

Minggu, 24 Oktober 2021 - 10:11 WIB
loading...
Persoalan Kemiskinan Ekstrem Jadi PR yang Perlu Dituntaskan
Presiden Joko Widodo. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Upaya penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah selama ini dinilai sudah positif. Meski demikian, di samping urusan kesehatan dan pertumbuhan ekonomi , masih ada sejumlah persoalan yang jadi pekerjaan rumah yang juga penting untuk dituntaskan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur penanganan pandemi di Indonesia semakin membaik. Di mana kasus aktif semakin menurun, tingkat penularan juga menunjukkan tanda-tanda melandai.

"Angka-angka kematian juga berangsur menurun," kata Jokowi di acara puncak peringatan HUT ke-57 Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (23/10/2021).



Sejalan dengan membaiknya penanganan kesehatan, kata dia, perekonomian bangsa Indonesia juga mulai menggeliat bergerak ke arah positif.

"Ekonomi kita tumbuh, neraca perdagangangan mengalami surplus, purchasing manajer indeks, manufaktur juga semakin membaik," ujarnya.

Kendati demikian, Jokowi melihat di samping berbagai pertumbuhan positif tersebut, bangsa Indonesia juga masih banyak memiliki agenda-agenda strategis yang harus segera dituntaskan.



"Di antaranya bagaimana kita mampu menyelesaikan kemiskinan ekstrem, bagaimana kita mendorong tumbuhnya semakin banyak lapangan-lapangan kerja baru. Bagaimana kita mampu membuat UMKM kita naik kelas, agar UMKM semakin kuat dan tangguh pasca pandemi ini," tuturnya.

"Pandemi Covid-19 telah mengajarkan banyak kepada kita, pentingnya respons cepat, respons yang tepat, yang bisa menjangkau dan melindungi masyarakat di seluruh pelosok tanpa terkecuali," ucapnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)