alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Versi AFC, 5 Pemain Sepak Bola Ini Paling Menonjol di Timnas Indonesia

Luqman Zainuddin
Versi AFC, 5 Pemain Sepak Bola Ini Paling Menonjol di Timnas Indonesia
5 pemain Timnas Indonesia yang paling menonjol di era modern. Foto: AFC

KUALA LUMPUR - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru-baru ini menerbitkan artikel tentang lima pemain sepak bola di Timnas Indonesia yang paling menonjol di era modern. Artikel tersebut terbit merayakan ulang tahun PSSI ke-90 pada 19 April 2020.

Lima pemain tersebut dipilih berdasarkan kiprah dan prestasinya, baik selama berseragam Timnas Indonesia maupun saat membela klub. Berikut lima pemain tersebut seperti dikutip dari laman PSSI.

1. Bambang Pamungkas
AFC menyebut Bambang Pamungkas sebagai "The Legend". Menurut AFC, nama Bambang Pamungkas merupakan wujud dari sepak bola Tanah Air. Ia pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Timnas, sekaligus pencetak gol kedua terbanyak. Lantaran prestasi itu, legenda Persija Jakarta itu terpilih membawa obor Olimpiade 2012.

2. Ponaryo Astaman
Ponaryo diberi julukan "The Milestone Man". Salah satu gol ikonik pernah dia ciptakan saat membela Timnas Indonesia menghadapi Qatar di Piala Asia 2004. Saat itu, Ponaryo mencetak gol dari luar kotak penalti. Berkat gol tersebut, Indonesia menang 2-1 atas Qatar.

3. Kurniawan Dwi Yulianto
Ia dijuluki "The Teenage Prodigy" oleh AFC. Julukan tersebut diberikan tidak lepas dari ketajaman dan permainan luar biasa yang ditunjukkan Kurniawan sejak masih usia muda.

4. Boaz Solossa
AFC menyebutnya sebagai "The One-Club Icon" karena kesetiaannya terhadap Persipura Jayapura. Boaz Solossa memang menghabiskan seluruh karier profesionalnya di kompetisi resmi bersama tim berjulukan Mutiara Hitam itu dan telah mencetak lebih dari 200 gol hingga sejauh ini.

5. Firman Utina
Julukan AFC untuk Firman Utina adalah "The Trophy Collector". Julukan itu lantaran kiprah pemain yang berposisi sebagai gelandang ini yang cukup sering meraih gelar juara di level klub.



(luq)

preload video
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak