Bupati Luwu Pastikan Pembebasan Lahan Bandara Bua Tidak Terkendala

Selasa, 26 Oktober 2021 - 15:54 WIB
loading...
Bupati Luwu Pastikan Pembebasan Lahan Bandara Bua Tidak Terkendala
Anggota Komisi V DPR RI bersama Bupati Luwu, Basmin Mattayang, Kepala Bandara Bua, Pandji Saefuddin meninjau pekerjaan runway di Bandara Bua, Senin 25 Oktober 2021. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Proses pengembangan Bandar Udara I Lagaligo Bua (Bandara Bua) kembali digenjot. Melalui kerja sama, Pemkab Luwu , Provinsi Sulsel, dan Kementerian Perhubungan, Bandara Bua akan dipoles dan diperluas.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang dalam kunjungan kerja Komisi V DPR RI beserta pejabat Kementerian Perhubungan Senin kemarin memaparkan sejumlah hal terkait rencana pengembangan Bandar Udara I Lagaligo, termasuk proses pembebasan lahan warga untuk perluasan bandara.

Baca Juga: Basmin Mattayang
Namun demikian, Bupati Luwu menyampaikan tahun 2021 ini, Pemprov Sulsel sudah menyiapkan dana untuk pembebasan lahan seluas 300 meter x 600 meter.

"Anggarannya saya belum tahu persis berapa, yang pasti tim appraisal sudah turun, yang paham besaran dana itu yang paham adalah tim appraisal, nanti mereka yang melaporkan ke Pak Gubernur sekian dana yang dibutukan. Sehingga kami anggap pembebasan lahan tidak ada masalah, tahun ini mudah-mudahan tuntas dibayarkan," lanjutnya.

Baca Juga: Bupati Luwu
Di hadapan Muhammad Fauzi dan pejabat Kemenhub, Bupati Luwu dua periode ini menyampaikan, bahwa masyarakat Kabupaten Luwu menginginkan Bandara Bua lebih besar dari sekarang.

Diceritakan Bupati Luwu, rencana pengembangan Bandara Bua sebenarnya sudah dijanjikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat kunjungannya di Luwu akhir Februari tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Bupati Luwu
"Namun pasca kunjungan tersebut, tiba-tiba Menhub terkena Covid-19 hingga Indonesia masuk dalam zona pandemi hingga saat ini. Situasi ini kemudian menjadi alasan penghambat pengembangan Bandara Bua sampai saat ini," ungkapnya.

"Hari ini karena sudah ada kelonggaran untuk kita berjalan, lalu kemudian anggota DPR hadir di tengah kita, atas nama Pemkab Luwu , kami menitip sepenuhnya pengembangan bandara ini kepada Muhammad Fauzi, kami berharap apa yang disampaikan Menhub tahun 2019 bisa diingatkan saat rapat dengan Komisi V nantinya," lanjut Bupati Luwu.

Baca Juga: Bandara Ngurah Rai Bali
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)