Prioritas Nakes, Vaksin Moderna Belum Dilirik Warga Makassar

Rabu, 27 Oktober 2021 - 22:03 WIB
loading...
Prioritas Nakes, Vaksin Moderna Belum Dilirik Warga Makassar
Vaksin moderna belum banyak diminati oleh warga Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Penggunaan vaksin Moderna di Kota Makassar belum banyak menyentuh masyarakat umum. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mengaku masih sementara melakukan sosialisasi.

Sejauh ini, penyuntikan vaksin produksi Amerika Serikat itu masih didominasi tenaga kesehatan (nakes). Sebab, mereka termasuk dalam kategori prioritas untuk mendapatkan suntikan vaksin Moderna.



Plt Kadinkes Kota Makassar, Nursaida Sirajuddin mengatakan, penyuntikan vaksin Moderna tetap dibuka untuk masyarakat umum. Tetapi, peminatnya sejauh ini disebutnya memang masih minim dibandingkan vaksin Sinovac.

“Moderna masih sebatas nakes saja yang capaiannya bagus. Tapi kalau untuk masyarakat umum sejauh ini belum terlalu diminati,” kata Nursaida kepada Sindonews, Rabu (27/10/2021).

Dia mengungkapkan, Dinkes Kota Makassar tetap mensosialisasikan penggunaan vaksin Moderna tersebut. Hanya saja, penyuntikan baru bisa dilakukan setelah kuato mencukupi, yakni 14 orang untuk satu vial.

“Tidak ribet sebenarnya untuk mendaftar. Syaratnya langsung saja daftar ke puskesmas karena nanti 14 orang baru bisa buka vial vaksin Moderna,” bebernya.

Di Makassar sendiri, kata dia, mendapatkan jatah sekitar 2.000 vaksin Moderna. Jumlah tersebut sudah termasuk untuk penyuntikan bagi nakes maupun masyarakat umum.

Sayangnya, Dinkes Makassar belum mengantongi data realisasi vaksin Moderna. “2.000 lebih jatah Makassar. Tapi belum tahu berapa yang sudah terpakai. Ada datanya tapi belum dapat laporannya,” tukasnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel, Muhammadong mengatakan vaksin Moderna yang masuk ke Sulsel sudah dua gelombang. Gelombang pertama khusus untuk nakes . Kemudian gelombang kedua untuk masyarakat umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)