PLN Hadirkan Program Listrik untuk Sektor Petani di Maros

Rabu, 27 Oktober 2021 - 23:08 WIB
loading...
PLN Hadirkan Program Listrik untuk Sektor Petani di Maros
PT PLN (Persero) UP3 Makassar, membuat sambungan listrik baru untuk sektor pertanian. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - PT PLN (Persero) UP3 Makassar, membuat sambungan listrik baru untuk sektor pertanian, di Dusun Pakalli, Desa Allatenggae, Kecamatan Bantimurung.

Manager PLN UP3 Makassar, Yuli Ashaniais Ramadhani mengatakan, program ini dirancang untuk membantu para petani keren di Maros dalam meningkatkan produktivitas sehingga dapat mengurangi beban biaya operasional.

"Kami hadir untuk para petani keren yang ada di Maros, salah satunya agar para petani bisa lebih sejahtera. Angka produksi pertanian tidak terlalu besar," katanya.



Yuli mengatakan, program sambungan mesin pompa yang daunching hari ini berkapasitas 5.500 watt. Namun nilai tersebut akan terus ditambah seiring kebutuhan petani di wilayah itu. Selain dapat mengaliri irigasi, kata Yuli, tujuan PLN juga memberikan rasa nyaman dalam bertani.

"Misalnya, petani pada saat mau bertani tidak perlu lagi membawa bekal, mereka bisa memasak di area sawahnya. Jadi lebih memudahkan petani. Dan jauh lebih efisien, " sambungnya.

Dia mengatakan, penggunaan energi listrik pompa air dinilai lebih efesien dibanding menggunakan BBM. Dia merinci, satu mesin jika memakai solar dalam 24 jam membutuhkan 14 liter dengan biaya Rp91.000.

"Sedangkan jika menggunakan pompa listrik dengan daya 750 Watt hanya Rp32.000, jadi bisa hemat sampai 45 persen," rincinya.

Bupati Maros, Chaidir Syam sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) UP3 Makassar.

"Ini dapat mengurangi pengeluaran para petani, sehingga kesejahteraan petani bisa meningkatkan, " ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7102 seconds (0.1#10.140)