Cegah Stunting, Pemkab Maros Sosialisasi Konsumsi Makanan Protein

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 13:16 WIB
loading...
Cegah Stunting, Pemkab Maros Sosialisasi Konsumsi Makanan Protein
Pemkab Maros masih terus berupaya menekan angka stunting di beberapa kecamatan, termasuk dengan sosialisasi konsumsi makanan protein seperti tempe. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Pemkab Maros masih terus berupaya menekan angka stunting di beberapa kecamatan, termasuk dengan sosialisasi konsumsi makanan protein seperti tempe.

Diketahui, tahun ini angka stunting di Kabupaten Maros berada di angka 9,46 persen atau setara dengan 2.892 orang anak.



Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu (2020) yang mencapai 13 persen atau setara 29.231 orang. Meski berada di bawah 10 persen, namun Bupati Maros AS Chaidir Syam menganggap angka stunting masih tergolong tinggi.

"Sebagai Bupati saya menilai angka stunting 9,46 persen masih sangat tinggi. Harapan kami ya kalau bisa nol persen," kata Chaidir Syam kepada awak media usai pembukaan sosialisasi makanan berprotein tinggi untuk mencegah stunting.

Lebih lanjut, Chaidir Syam mengemukakan kecamatan dengan persentase tertinggi ada di Kecamatan Cenrana dan Moncongloe. Persentasi stunting di dua kecamatan ini berada di angka 16 persen.

Olehnya itu, untuk menekan angka stunting di Maros, Chaidir Syam menekankan agar potensi makanan lokal yang mengandung protein tinggi seperti tempe, bisa dijadikan alternatif untuk menyuplai asupan gizi pada anak.

"Berharap tempe bisa menjadi potensi makanan lokal untuk pencegahan stunting di Maros," ungkapnya.

Sementara itu terkait protein yang terkandung di dalam tempe, Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Makassar, Manji Lala mengungkapkan tempe bisa jadi prioritas utama untuk penanganan masalah gizi untuk mencegah stunting.

"Tempe itu sangat luar biasa kandungan proteinnya, kalsium dan zat gizi lainnya. Makanan ini bisa jadi prioritas utama dalam menangani masalah gizi," sebutnya.

Terkait penyebab stunting itu sendiri, Manji menjelaskan karena asupan protein yang rendah.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)