Jembatan di Palopo Retak, Masyarakat Diarahkan Gunakan Jalur Alternatif

Minggu, 31 Oktober 2021 - 13:09 WIB
loading...
Jembatan di Palopo Retak, Masyarakat Diarahkan Gunakan Jalur Alternatif
Jembatan Miring di Kota Palopo retak. Badan jembatan mengalami penurunan 15 hingga 25 centimeter sehingga sangat berbahaya untuk digunakan pengendara. Foto: Chaeruddin
A A A
BELOPA - Jembatan Miring di Kota Palopo lumpuh total. Badan jembatan mengalami penurunan 15 hingga 25 centimeter (CM) sehingga sangat berbahaya untuk digunakan pengendara.

"Kami sudah memeriksa, kondisi jembatan sangat membahayakan dan sudah tidak bisa dilalui. Ada penurunan badan jembatan setinggi 15 centimeter di sebelah selatan dan 25 centimeter di sebelah utara," ujar Korlap SKPD TP (Tugas Pembantuan) Balai Besar Jalan Nasional (BBJN), Kadir Ali, usai meninjau kondisi Jembatan Miring, Minggu (31/10/2021) siang.

Menurut Kadir, kondisi jembatan diperparah karena tidak memiliki tiang pancang. Untuk penanganan dalam waktu dekat, pihak BBJN akan melakukan normalisasi dan pelurusan aliran sungai di sekitar jembatan.

"Normalisasi dan pelurusan arus sungai merupakan rencana kita dalam waktu dekat. Selain itu tentunya kita lakukan perbaikan jembatan, utamanya bagian bawah tiang dan penopang jembatan," jelasnya, kepada SINDOnews.



Sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan yang terjadi akibat lumpuhnya Jembatan Miring, aparat Satlantas Polres Palopo melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) buka tutup jalur di Kelurahan Jaya Kota Palopo dan di Desa Baramamase.

Meski demikian, tetap saja terjadi kemacetan panjang sekitar 3 kilometer dari Kelurahan Jaya hingga Kelurahan Mancani.

"Kemacetan mulai tadi malam selama ada kerusakan Jembatan Miring, yakni jembatan perbatasan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu . Mulai terjadi antrian, kami lakukan rekayasa jalan untuk mengalihkan arus. Kami lakukan buka tutup itu pun untuk kendaraan kecil," ujar Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Suryanto.

"Kalau dari Palopo arah utara bisa masuk lewat Salutete Kota Palopo, keluar di Capkar Kabupaten Luwu. Sementara dari Walmas lewat melalui Karetan, keluar di Padang Alipan Kelurahan Jaya Kota Palopo," lanjutnya.

Mengenai kondisi jalan, Ketua RW 1 Padang Alipan Kelurahan Jaya, Ahrir menjelaskan masyarakat bisa menggunakan dua jalur alternatif yang diarahkan oleh Satlantas Polres Palopo dan Luwu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5453 seconds (0.1#10.140)