Dukung Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional, HSBC Ambil Bagian dalam Konektivitas Investasi Global ke Indonesia

Senin, 01 November 2021 - 08:00 WIB
loading...
Dukung Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional, HSBC Ambil Bagian dalam Konektivitas Investasi Global ke Indonesia
Foto: Doc. HSBC
A A A
Investasi menjadi salah satu kunci utama untuk memulihkan perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid-19. Hal ini yang menjadi target Presiden Jokowi untuk menarik sebanyak-banyaknya investasi masuk ke Indonesia.

Pada tahun ini, target investasi dipatok Rp 900 triliun dan pada tahun 2022 ditargetkan naik menjadi sekira Rp 1.200 triliun.

"Terlebih dalam kondisi pandemi sekarang ini, investasi kunci utama dalam pemulihan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi seperti dikutip dari official website Sekretariat Kabinet RI belum lama ini .

Dengan pertumbuhan investasi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selama ini masih ditopang konsumsi rumah tangga. Tercatat, konsumsi rumah pada kuartal II-2021 tumbuh 5,93% secara year on year (yoy).

Tercatat, pada kuartal II-2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07%. Angka ini tertinggi dalam 16 tahun terakhir. Namum masih ada pekerjaan rumah dalam pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 di tengah pandemi Covid-19.

Sempat melambat pada awal kuartal III-2021 akibat PPKM darurat yang kini berubah menjadi PPKM berlevel, ekonomi Indonesia menunjukkan tren perbaikan karena pengaturan gas dan rem yang sesuai, sehingga pembukaan ekonomi dapat dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Cara pemerintah meningkatkan investasi sangat nyata yakni dengan mengeluarkan Omnibus Law Cipta Kerja, yang mengamanatkan penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 9 Agustus 2021.

Hal ini membuat HSBC berkomitmen untuk turut andil dalam memperbanyak investasi di Indonesia. HSBC akan menghubungkan investor global ke Indonesia. Sebab Indonesia berpotensi menjadi salah satu ekonomi utama dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan mempunyai peluang investasi yang sangat besar.

Melalui kemitraan dengan Kementerian Investasi/BKPM, HSBC menyelenggarakan forum diskusi bertajuk “In Conversation with Indonesia”. Forum ini memfasilitasi diskusi bilateral antara klien HSBC global dengan Kementerian Investasi/BKPM untuk membahas tentang peluang besar berinvestasi di Indonesia serta topik lain-lain.

Indonesia berpotensi menjadi tujuan investasi utama bagi para investor asing, selama dapat mempertahankan fokus pada reformasi yang ramah pertumbuhan dan terus melakukan transformasi dalam mengatasi hambatan-hambatan pada sektor perdagangan dan kewirausaahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3697 seconds (0.1#10.140)