Kolaborasi Komunitas di Makassar Kumpulkan 288 Kantong Darah

Senin, 01 November 2021 - 13:36 WIB
loading...
Kolaborasi Komunitas di Makassar Kumpulkan 288 Kantong Darah
Kolaborasi 101 komunitas di Makassar sukses mengumpulkan 288 kantong darah dalam aksi sosial donor darah pada pekan lalu. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kolaborasi 101 komunitas di Kota Makassar sukses membuat gebrakan dalam kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Tidak tanggung-tanggung, kolaborasi komunitas Super Friends, Bold Riders, dan Komunitas Timur berhasil menyumbangkan 288 kantong darah.

Koordinator Acara Dwi Wijayanto mengungkapkan jumlah kantong darah yang dihasilkan oleh komunitas kali ini meroket hampir 4 kali lipat dibandingkan kegiatan serupa tahun lalu. Saat itu, komunitas dari kelompok suporter PSM Makassar, fans club Eropa, motor, dan mobil menghasilkan 77 kantong darah.



"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa sekaligus bentuk kepedulian dari teman-teman komunitas terhadap sesama. Lebih dari 400 anggota komunitas ikut serta dalam kegiatan donor darah ini dan sukses mengumpulkan 288 kantong darah. Semoga kantong-kantong darah ini bisa memberikan manfaat bagi orang-orang yang membutuhkan,” ujar Dwi, dalam keterangan persnya, Senin (1/11).

Kegiatan donor darah oleh komunitas di Makassar digelar pada 16-24 Oktober 2021. Ada lima titik yang menjadi lokasi pengambilan darah, yakni di PMI Kota Makassar, UTD Provinsi Sulawesi Selatan, UTD Kabupaten Maros, UTD Kabupaten Pangkep, dan Polsek Mangarabombang, Takalar.

"Pencapaian dari kegiatan donor darah ini menunjukkan semangat dari teman-teman komunitas untuk berkolaborasi dan melahirkan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Kita harapkan kolaborasi ini terus berlanjut dalam kegiatan-kegiatan positif lainnya di masa depan,” harap Dwi.

Kegiatan donor darah oleh ratusan komunitas di Makassar ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Mereka ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah ini.



Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI. Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2020’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2699 seconds (0.1#10.140)