Bupati Bulukumba Minta Pengerjaan Konstruksi Diawasi Ketat

Senin, 01 November 2021 - 13:56 WIB
loading...
Bupati Bulukumba Minta Pengerjaan Konstruksi Diawasi Ketat
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK), digelar Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar bersama PUPR Bulukumba. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Pengerjaan konstruksi di Kabupaten Bulukumba , diminta agar bisa diawasi ketat agar daya tahan bangunan bisa maksimal dan panjang.

“Jangan konstruksi itu hanya bertahan dan dirasakan manfaatnya dalam satu periode pemerintahan saja. Lalu periode berikutnya direncanakan lagi dan itu terus berulang,” kata Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK), digelar Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bulukumba.



Andi Utta sapaan akrabnya memanggil dan meminta seluruh konsultan pengawas agar melakukan pengawasan pekerjaan dengan baik sesuai prosedurnya. Dalam mengawasi tidak boleh ada konflik interest dengan rekanan yang diawasi. “Jika memang ada kesalahan, tidak boleh ditolerir, siapa pun dia,” tegas Andi Utta.

Untuk perbaikan konstruksi ke depan, Andi Utta juga berharap sedapat mungkin menerapkan teknologi dalam pelaksanaannya. Misalnya dalam pembangunan jaringan irigasi sudah menggunakan cetakan panel yang berstandar nasional. Selain kualitasnya terjamin, proses pekerjaannya juga lebih efektif dan efisien.

“Tidak perlu lagi membawa bahan material yang begitu banyak, dan mengganggu arus lalu lintas,” bebernya.

Diketahui, bimtek yang berlangsung secara hybrid dilakukan selama 5 hari ini diikuti oleh para penyedia dan pengguna jasa konstruksi dengan jumlah peserta 50 orang.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Ismail Abdul Muttalib menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk bermitra menyelenggarakan Bimtek SMKK ini.

Pihaknya, kata Ismail memiliki banyak menu dalam meningkatkan kapasitas jasa konstruksi yang dapat diselenggarakan ke depan, misalnya bimbingan teknis jalan dan jembatan, serta pengairan. "Termasuk bagi para penyedia dapat dibantu dalam memahami dan menguasai dokumen-dokumen pengadaan," ungkapnya.

Dikatakannya, dalam menghasilkan suatu produk konstruksi berkualitas ada proses dimana ada keselamatan konstruksi yang harus dijaga. Olehnya itu pemerintah senantiasa melakukan perbaikan dan pembaruan untuk menyempurnakan system atau regulasi dalam jasa konstruksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)