Kasus Covid-19 Melandai, Epidemiolog Ingatkan Pemkot Makassar Tetap Waspada

Rabu, 03 November 2021 - 09:13 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Melandai, Epidemiolog Ingatkan Pemkot Makassar Tetap Waspada
Ahli Epidemiolog meminta Pemkot Makassar tidak euforia menanggapi turunnya kasus Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Ahli Epidemiologi Unhas Prof Ridwan Amiruddin meminta Pemkot Makassar tidak euforia menanggapi turunnya kasus Covid-19.

Data yang dihimpun dari Satgas Covid-19 Sulsel, rata-rata kasus selama sepekan terakhir berada di bawah 10 kasus, bahkan pada 31 Oktober sempat menyentuh nol kasus.

Ridwan mengatakan potensi ledakan gelombang ketiga masih sangat tinggi sehingga pemerintah diminta tak terlena.

Hal ini banyak ditemukan dengan longgarnya penerapan protokol di tempat-tempat umum, hingga warkop-warkop.

"Pandemi ini belum berakhir, kita saat ini ada di ujung gelombang kedua dan ini bisa meledak dan naik kembali di gelombang ketiga," ujarnya.



Selain itu, dirinya juga menyoroti penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Makassar. Dia menilai ledakan kasus Covid-19 pada anak sangat potensial. Sementara vaksinasi pada anak masih belum dilakukan.

"Ini perlu diwaspadai, karena ada laporan beberapa wilayah sudah muncul kasus. Ini harus dimonitor secara aktif oleh Satgas, supaya klaster ini tidak melebar," urainya.

Sementara itu, menanggapi kasus Covid-19 yang melandai, Pakar Kesehatan Univerisitas Hasanuddin Prof Idrus Paturusi juga meminta pemerintah fokus dalam mencegah terjadinya gelombang ketiga penularan.

Langkah-langkah tersebut ditempuh dengan penerapan protokol ketat yang seharusnya tetap dilakukan meski kasus telah melandai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9029 seconds (0.1#10.140)