70 Tenaga Kerja Konstruksi Ikuti Pembekalan Uji Sertifikasi

Rabu, 03 November 2021 - 16:46 WIB
loading...
70 Tenaga Kerja Konstruksi Ikuti Pembekalan Uji Sertifikasi
Sebanyak 70 orang tenaga kerja kontruksi mendapat pembekalan ilmu dan uji sertifikasi tenaga kerja kontruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Sebanyak 70 orang tenaga kerja kontruksi mendapat pembekalan ilmu dan uji sertifikasi tenaga kerja kontruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar bekerjasama dengan Dinas PUPR Kabupaten Luwu.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis, 3 sampai 4 November di Aula Hotel Borneo Belopa. Sekretaris Daerah (Sekda), Sulaiman secara resmi membuka pelatihan tersebut.



Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR, Yusuf Kaya mengatakan 70 orang peserta merupakan tenaga kerja konstruksi ssbagai tukang batu, tukang kayu serta pelaksana jalan dan gedung

"Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah menciptakan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan berdaya saing sebagai salah satu modal kesuksesan pembangunan infrastruktur ," kata Yusuf Kaya.

Lanjut Yusuf Kaya, kegiatan ini pula sesuai amanat Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan PP No. 14 tahun 2021 tentang Perubahan atas PP Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PUPR, Iksan Asaad, menerangkan pelaksanaan pembekalan dan uji kompetensi bagi tenaga terampil telah menjadi kewenangan kabupaten/kota

"Beberapa alasan kenapa tenaga konstruksi ini harus bersertifikat, antara lain sebagai bentuk keseriusan pengembangan diri, bentuk pengakuan kompetensi, mampu beradaptasi terhadap perubahan sistem ketenagakerjaan dan minimal sebagai kepercayaan diri sebagai tenaga terampil," terangnya.

Sementara itu, saat membuka acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Sulaiman, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar atas terlaksananya kegiatan ini.




“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar yang bersedia bekerja sama dengan dinas PUPR untuk melaksanakan kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi bagi tenaga kerja kontruksi dalam wilayah Kabupaten Luwu," ujarnya.

Ia mengakui, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan dan rencananya akan menjadi salah satu program tahunan bidang jasa konstruksi pada dinas PUPR.

“Harapan kita, semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja bagi 70 orang peserta sesuai standar kompetensi kerja, sehingga dapat terwujud tenaga kerja konstruksi yang professional dan handal," katanya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2482 seconds (0.1#10.140)