Rudenim Makassar Pindahkan 27 Pengungsi Asing ke Jakarta

Kamis, 04 November 2021 - 14:49 WIB
loading...
Rudenim Makassar Pindahkan 27 Pengungsi Asing ke Jakarta
Pengungsi dari luar negeri dipindahkan ke Rudenim Jakarta. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 27 pengungsi luar negeri yang dititipkan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar dipindahkan ke Jakarta. Pemberangkatan puluhan pencari suaka berangkat Rabu (3/11/2021) siang.

Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin mengungkapkan, pemberangkatan para pengungsi dari berbagai negara itu sempat tertunda akibat Covid-19. Padahal permohonan pemindahan mereka sudah disetujui Direktorat Jenderal Imigrasi sejak Juni 2021.



"Pemindahan terhambat, selain karena level PPKM ibukota yang masih tinggi saat itu, juga diupayakan mereka vaksin dulu sampai dosis kedua," kata Alimuddin dalam keterangan resminya.

Dia merincikan para pencari suaka yang dipindahkan terdiri dari tujuh pengungsi asal Palestina, enam asal Myanmar dan Afganistan, lima asal Srilangka serta tiga asal Somalia.

"Pemindahan bertujuan untuk memudahkan proses Resettlement (pemindahan ke negara ketiga) karena beberapa tahapan seperti pemeriksaan kesehatan dan wawancara dengan negara penerima dilakukan di Jakarta," ujar Alimuddin.

Dia menjelaskan, pemindahan 27 pengungsi itu dengan pengawalan ketat dari enam petugas Rudenim Makassar dan satu petugas Rudenim Jakarta.

Mereka menggunakan penerbangan dengan pesawat Garuda Airlines GA 0641 pukul 12.15 Wita menuju Jakarta. Setiba di Jakarta, petugas mengawal pengungsi ke Kantor Rudenim Jakarta untuk dilakukan serah terima.

Selanjutnya, mereka dikawal petugas menuju tempat penampungan yang berada di bawah pengawasan Rudenim Jakarta.

Di sisi lain, Alimuddin menambahkan, sejak Januari 2021, pihaknya telah memindahkan 83 pengungsi. Sementara saat ini Rudenim Makassar menampung 1.597 orang yang tersebar di 20 tempat penampungan di Makassar.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5814 seconds (0.1#10.140)