DPRD Wajo Bertandang ke Kantor DEN Bahas Program Terbarukan

Sabtu, 06 November 2021 - 14:02 WIB
loading...
DPRD Wajo Bertandang ke Kantor DEN Bahas Program Terbarukan
Unsur Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo bertandang ke Dewan Energi Nasional (DEN) RI. Foto: Istimewa
A A A
WAJO - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, bertandang ke DewanEnergi Nasional (DEN) RI. Tujuannyamendukung program terbarukan pengembangan sumber daya energi dan migas pada wilayah provinsi Sulawesi Selatan, sebagai peran daerah penghasil, pengelolaan migas dan energi.

Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna menjelaskan, bahwa kunjungan kantor DEN dalan rangka mengetahui strategi pengembangan energi daerah ke depan, khususnya gas bumi dan tenaga surya.



Sebab di Kabupaten Wajo memiliki potensi sumber daya alam berupa gas bumi di Blok Sengkang yang telah dimanfaatkan untuk jaringan gas kota dan potensi tenaga surya juga cukup besar.

"Sebagai daerah penghasil gas tentu kita perlu mengetahui strategi pengembangan energi daerah, khususnya di Kabupaten Wajo," ujarnya kepada Sindonews, Sabtu, (6/11/2021).

Pengembangan Energi terbarukan di Kabupaten Wajo betul-betul harus memperhatikan visi pengelolaan energi nasional, yaitu terwujudnya pengelolaan energi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dengan memprioritaskan pengembangan energi.

"DEN merupakan lembaga yangmengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral, jadi kunjungan ini sekali lagi untuk melihat arah pengembangan energy. DEN juga punyantugas merancang dan di merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR," terangnya.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Wajo, Andi Senurdin Husaini menambanhkan, Kabupaten Wajo merupakan salah satu daerah di wilayah Sulsel kaya akan sektor energi antara lain, Daerah Aliran Sungai (DAS).

Gas Alam dan Tenaga Angin yang betul-betul sangat menunjang proyek pengembangan energi terbarukan.

Dalam mesempatan tersebut, Anggota DEN Musri menjelaskan bahwa, DEN merupakan lembaga nasional, tetap, dan mandiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)