TOPIK TERPOPULER

Kualitas Universitas Oxford Tak Terkalahkan di Dunia

Tim SINDOnews
Kualitas Universitas Oxford Tak Terkalahkan di Dunia
Universitas Oxford Inggris tak bergeming di puncak terbaik dunia, belum ada satupun yang bisa mengalahkan kualitas universitas pertama berbahasa Inggris di dunia ini. Foto : SINDOnews/Doc

LONDON - Universitas Oxford Inggris tak bergeming di puncak terbaik dunia, belum ada satupun yang bisa mengalahkan kualitas universitas pertama berbahasa Inggris di dunia ini.

Versi majalah mingguan Time Higher Education (THE), Oxford kembali didudukkan yang pertama di dunia, mempertahankan predikat yang diraih pada tahun 2017.

Baca : Hasil Autopsi Ungkap George Floyd Terpapar Covid-19 Sejak April

Di level dunia, posisi setelah Universitas Oxford adalah Institut Teknologi California, Universitas Cambridge, Universitas Stanford, dan Institut Teknologi Massachusetts. Posisi 10 besar didominasi perguruan tinggi Barat, tiga berasal dari Inggris, dan tujuh dari AS.

Sementara di level Asia, gebrakan yang dilakukan Universitas Tsinghua China membuat kampus ini secara beruntun kembali memimpin posisi terbaik pada tahun ini.

Dalam peringkat dunia, Universitas Tsinghua masih masuk jajaran 30 besar. Namun, dibanding tahun lalu posisinya turun satu peringkat menjadi urutan 23. Adapun Universitas Nasional Singapura terjatuh ke urutan 25 di belakang Peking University. Perubahan itu terjadi mengingat adanya pergeseran peringkat di antara universitas asal Amerika Serikat dan Eropa.

Universitas Tsinghua patut bangga karena mampu mengalahkan dominasi Universitas Nasional Singapura yang memuncaki institusi perguruan tinggi terbaik di Asia antara tahun 2016-2018. Sebelum Universitas Nasional Singapura menjadi yang terbaik, posisi teratas dikuasai Universitas Tokyo antara 2011-2015.

Selama beberapa tahun terakhir Universitas Tsinghua mengalami peningkatan kualitas pendidikan, mulai dari dampak penelitian terhadap kemajuan bangsa, pendapatan institusi, hingga perbaikan citra di mata internasional. Jumlah staf, mahasiswa, dan jurnal penelitian dalam bahasa Inggris juga meningkat sangat pesat.

Rektor Universitas Tsinghua, Yang Bin, menyatakan, sejak lama pihaknya berupaya meningkatkan kualitas sistem riset dan pengajaran agar melampaui standar internasional demi menaikkan reputasi global kampusnya. Upaya tersebut telah terbayar dan berbuah manis. Rektor perguruan tinggi dunia juga salut dan memuji kegigihannya.

Profesor Universitas Oxford, Simon Marginson, menilai Universitas Tsinghua layak ditempatkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia. Keunggulannya terletak pada hasil riset di bidang ilmu matematika dan komputer, kombinasi yang juga sedang didukung Pemerintah China, hingga mengungguli Amerika Serikat (AS).

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!