Pandemi Belum Berakhir, Poltekpar Makassar Hanya Gelar PKN di Sulsel

Jum'at, 05 Juni 2020 - 12:26 WIB
loading...
Pandemi Belum Berakhir, Poltekpar Makassar Hanya Gelar PKN di Sulsel
Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin saat menghadiri FGD yang membahas Praktik Kerja Nyata (PKN). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Politeknik Pariwisata Makassar berencana hanya menggelar pelaksanaan Praktik Kerja Nyata (PKN), di Sulsel karena masa pademi COVID-19 masih belum berakhir.

Hal ini muncul saat digelar Focus Group Discussion (FGD) Jum’at (5/6/2020) di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar dan dibuka langsung oleh Direktur Poltekpar Makassar Drs Muhammad Arifin serta diikuti oleh 40 peserta.

Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin mengatakan, Praktik Kerja Nyata (PKN) adalah proses pembelajaran mahasiswa berupa kerja praktik di dunia industri atau perusahan, dan instansi yang merupakan salah satu mata kuliah wajib sebelum mahasiswa mengajukan tugas akhir atau proyek akhir.

"Pelaksanaan PKN disesuaikan dengan kurikulum pada masing-masing program studi sedang mahasiswa yang akan menempuh PKN harus memenuhi beberapa persyaratan seperti Telah menempuh paling sedikit 110 SKS dan memiliki IPK lebih dari 2, telah memprogram mata kuliah PKN dalam KRS," katanya.

Selain itu juga harus memenuhi segala persyaratan administratif yang ditentukan serta memiliki kompetensi dengan keilmuan.



Ia menjelaskan, bentuk praktek kerja dititikberatkan pada pekerjaan operasional level di bidang perhotelan atau kepariwisataan dan perjalanan untuk program Diploma III dan manajerial level untuk program Diploma IV.

"Mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan yang berisi tentang laporan kegiatan dan analisis praktek selama melaksanakan PKN," katanya.

Lebih jauh ia menjelaskan, adapun periode Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata di PTNP lingkungan Kemenparekraf selama 6 (enam) bulan atau satu semester periode pertama berlangsung Januari-Juni dan kedua Juli- Desember, baik level operasional maupun level manajerial atau tergantung kesepakatan institusi dengan industri atau perusahaan dan instansi tempat mahasiswa melaksanakan PKN.

"Beberapa sebaran Lokasi Mahasiswa PKN Periode Januari-Juni 2020 yaitu Malaysia, Bandung, Bali, Lombok, Jakarta, Batam, Yogyakarta, Labuan Bajo dan Makassar," katanya.

Namun, dirinya mengakui wabah COVID-19 dimulai pada bulan Maret maka PTNP di lingkungan Kemenparekraf mengeluarkan kebijakan penarikan semua peserta PKN untuk periode Januari-Juni.

"Sedangkan untuk periode Juli-Desember mengingat COVID-19 belum jelas kapan akan berakhir maka diputuskan Pelaksanaan PKN Mahasiswa dilaksanakan di Sulawesi Selatan," katanya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5111 seconds (0.1#10.140)