Poltekpar Makassar Tuan Rumah Rakornas SMK Pariwisata se-Indonesia

Kamis, 11 November 2021 - 15:59 WIB
loading...
Poltekpar Makassar Tuan Rumah Rakornas SMK Pariwisata se-Indonesia
Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar dipercaya menjadi tuan rumah, dalam penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) SMK Pariwisata se-Indonesia. Foto: Sindonews/Marga wanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar dipercaya menjadi tuan rumah, dalam penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) SMK Pariwisata se-Indonesia.

Kegiatan bertema 'Kolaborasi Pendidikan Vokasi Pariwisata Dalam Mencetak SDM Unggul di Era VUCA' itu berlangsung di Aula I Wayan Bendhi Kampus Poltekpar secara hybrid pada 11 dan 12 November 2021.



Rakornas itu akan fokus membahas sejumlah materi di tiap sesi, di antaranya Sinkronisasi Kurikulum dan Kompetensi, Akselerasi Kelas Industri, Pengelolaan Hotel Praktik, Penguatan Link and Match dan Kolaborasi Lulusan Bekerja dan Berwirausaha. Rakornas kelima ini diharapkan menghasilkan output Rekomendasi Sinergi Kolaborasi dan Program Bersama Penguatan Revitalisasi Pendidikan Vokasi.

Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin berharap, kegiatan yang diikuti ratusan SMK itu bisa menghasilkan rumusan antara sekolah dengan kampus yang bisa mencetak manusia unggul di bidang pariwisata.

"Semoga menghasilkan rumusan bersama antara SMK dengan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan SDM Unggul khususnya di bidang Kepariwisataan," ungkap Arifin, dalam sambutannya saat acara Pembukaan Rakornas, Kamis (11/11/2021).

Di kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Parekraf, Faisal menyampaikan bahwa Rakornas ini sebagai sarana silaturahmi antara para pengelola dan tenaga pendidik serta birokrat pendidikan dan pariwisata dalam mengakselerasi semangat pemerintah untuk melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

"Hal itu mencakup SMK, Perguruan Tinggi, Lembaga Pelatihan dan Lembaga Kursus di mana sinergi dan kolaborasi antara Perguruan Tinggi Pariwisata di bawah Kemenparekraf dengan SMK Pariwisata di bawah Kemendikbudristek beserta Asosiasi SMK Pariwisata menjadi backbound utama dalam mencetak SDM unggul yang bekerja dan berwirausaha di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ungkapnya.



Menurut Faisal, di tengah disrupsi sekarang ini, karakter pemimpin institusi pendidikan yang berani untuk berubah, mengubah, dan berinovasi serta berkolaborasi, merupakan pondasi untuk membangun SMK Pariwisata dan Perguruan Tinggi Pariwisata ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)