Lagi, Jenazah PDP COVID-19 Dibawa Paksa Keluarga dari Rumah Sakit

Jum'at, 05 Juni 2020 - 15:35 WIB
loading...
Lagi, Jenazah PDP COVID-19 Dibawa Paksa Keluarga dari Rumah Sakit
Warga saat membawa paksa jenazah PDP COVID-19 dari Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Insiden keluarga jenazah pasien terindikasi virus corona atau COVID-19 mengambil paksa dari ruang perawatan rumah sakit terjadi lagi. Kali ini terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji, Kota Makassar, Jumat (5/6/2020) pagi.

Direktur RSUD Labuang Baji Makassar, dr Andi Mappatoba memperkirakan ada puluhan orang menerobos ruang perawatan untuk mengambil jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 sekira pukul 09.45 Wita.

"Jadi begini tadi pagi jam 09.45 tiba-tiba ada rombongan massa hampir seratus orang datang, ada puluhan kayaknya, masuk di ruang perawatan mengambil jenazah yang baru saja meninggal atas nama, Muh Yunus beralamat di Jalan Rajawali, Kecamatan Mariso, Makassar," ujar Mappatoba saat dikonfirmasi Sindonews.com melalui sambungan telepon.



Mappatoba menjelaskan, PDP berjenis kelamin laki-laki berumur 40 tahun meninggal dunia setelah menjalani perawatan satu malam di RSUD Labuang Baji dengan keluhan sesak napas dan nyeri di dada pada Kamis 4 Juni sekira pukul 16.00 Wita.

"Dia datang dengan keluhan sesak napas dan nyeri dada. Kemarin sore jam 4. Sesuai dengan prosedur rumah sakit, pasien dengan keluhan tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium dan rontgen. Hasil rontgen dan laboratorium menunjukkan kejadian infeksi, sehingga dianjurkan untuk dirawat satu malam," bebernya.

Namun pasien tersebut, menghembuskan napas terakhirnya Jumat, (6/06/2020) sekira pukul 09.15 Wita dengan status PDP. "Karena Almarhum ini terindikasi memang terinfeksi COVID-19 . Sehingga pagi tadi seharusnya dilakukan pemeriksaan swab, tapi keburu meninggal karena sesak nafas dan nyeri dada yang hebat," tegasnya.

Dilanjutkan Mappatoba, setiap pasien yang meninggal dunia, pihak rumah sakit harus melaporkan ke Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Detik-detik Keluarga Bawa Kabur Jenazah Pasien PDP Covid-10 di Makassar

"Pasien meninggal jam 09.15, jam 9.20 kami laporkan ke Gugus Tugas COVID-19 Provinsi, 25 menit kemudian massa masuk ke ruangan, prosesnya sangat cepat, massa mengambil jenazah," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3153 seconds (0.1#10.140)