TOPIK TERPOPULER

Pemkab Pangkep Dapat Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Muhammad Subhan
Pemkab Pangkep Dapat Penghargaan dari Kementerian Keuangan
Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana (kiri) menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, Jumat (12/11). Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep mendapat penghargaan dari Kementerian keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI).

Piagam penghargaan diserahkan Kepala KPPN Makassar I, Toding Luther mewakili Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani kepada Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana di Ruang Kerja Bupati Pangkep, Jumat (12/11).

Baca juga: Pemkab Pangkep Akan Susun Kalender Event Wisata

Kepala KPPN Makassar I, Toding Luther, mengatakan, sedianya penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Keuangan. Akan tetapi, karena masih pandemi Covid-19, sehingga piagamnya dikirim dan penyerahannya diwakilkan.

Piagam penghargaan ini lanjutnya, diberikan kepada daerah yang telah mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut.



Baca juga: Hari Pahlawan, Bupati Pangkep Harap Berantas Kemiskinan dan Kebodohan

Plt Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Pangkep, Asri mengatakan, pemerintah daerah akan terus mempertahankan predikat WTP.

Olehnya itu, berbagai upaya terus dilakukan. Pasalnya, untuk mendapatkan opini WTP yang dinilai adalah laporan keuangan. Laporan keuangan SKPD/OPD dikonsolidasikan menjadi laporan keuangan daerah.

"Kita lakukan pembinaan, bimtek dan sosialisasi terkait pengelolaan keuangan daerah. Karena kita tahu, pengelolaan keuangan daerah seringkali berubah regulasinya. Itu yang terus disosialisasikan ke OPD. Khususnya manajemen aset, perlu dilakukan penertiban, pembukuan yang bagus. Itu yang menjadi syarat mendapatkan WTP," jelasnya.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!