172 Petinju Berebut Tiket Porprov di Piala Wali Kota Parepare

Sabtu, 13 November 2021 - 14:46 WIB
loading...
172 Petinju Berebut Tiket Porprov di Piala Wali Kota Parepare
Petinju Parepare (seragam biru) saat bertarung pada kejuaraan amatir Piala Wali Kota Makassar 2020 lalu. Foto: Dok Humas Pengkot Pertina Makassar
A A A
PAREPARE - Sebanyak 172 petinju dari 17 kabupaten/kota lingkup Provinsi Sulsel siap bertarung pada Praporprov yang dikemas dalam Piala Wali Kota Parepare 2021. Mereka akan memperebutkan tiket Porprov 2022 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

Kejuaraan tinju amatir tersebut dipusatkan di GOR Mandiri, Kota Parepare pada 14-19 November 2021. Kali ini ada 21 kelas yang akan dipertandingkan. Masing-masing sembilan kelas putri dengan jumlah atlet 56 petinju dan 12 kelas putra dengan 116 petinju.



Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Parepare, Fadly Agus Mante, menjelaskan panitia pelaksanan sudah sangat siap menggelar kejuaraan ini.

"Persiapan panpel sudah sangat matang. Sebagian besar peserta, wasit hakim dan perangkat pertandingan lainnya sudah berada di Parepare,” kata Awieng-sapaan akrabnya, Sabtu (13/11).

Sebelum pelaksanaan pertandingan dimulai, panitia bersama Technical Delegate dari Pengurus Provinsi Pertina Sulsel akan melaksanakan technical meeting sekaligus drawing untuk menentukan jadwal pertandingan.

‘’Pada tahapan ini akan dibahas seluruh regulasi dengan tetap mengacu pada aturan Association Internationale de Boxe Amateur (AIBA) badan tinjuyang menaungitinjuamatir sedunia,” ungkapnya.

Kejuaraan tinju amatir di Kota Parepare terakhir kali dilaksanakan tahun 1985. Sejak diamanahkan menjadi Ketua Pengkot Pertina di kota kelahiran presiden RI ketiga BJ Habibie itu, Awieng bertekad kembali menggairahkan pembinaan olahraga yang satu ini setelah vakum selama 36 tahun.

"Sudah lama kejuaraan tinju di Parepare tidak dilaksanakan. Tapi, setiap ada kejuaraan, Pertina Parepare tetap mengikutkan petinjunya . Itu karena pembinaan tetap berjalan. Apalagi Wali Kota Parepare sangat mendukung kemajuan olahraga di daerahnya,” ungkap Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Parepare ini.

Menurut rencana kejuaraan ini akan dibuka oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Minggu (15/11) pekan ini. Bagi Awieng, ditunjuknya Parepare sebagai tuan rumah Praporprov cabang olahraga tinju merupakan sebuah kehormatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)