Keterbukaan Informasi Publik di Pangkep Diharap Terus Meningkat

Senin, 15 November 2021 - 16:44 WIB
loading...
Keterbukaan Informasi Publik di Pangkep Diharap Terus Meningkat
Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel, Fahir Halim saat mengunjungi Gedung Pusat Informasi Publik milik Pemerintah Kabupaten Pangkep. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Keterbukaan informasi publik di Kabupaten Pangkep , diharap bisa terus meningkat pada tahun mendatang.

Harapan ini disampaikan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan , saat melakukan kunjungan. Ia bahkan mengapresiasi hadirnya gedung pusat informasi publik yang disiapkan oleh pemerintah daerah.



Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel , Fahir Halim mengatakan, gedung pusat informasi publik ini sudah sangat representatif untuk sebuah kantor pelayanan secara terpadu. Fasilitas dan kelayakan hampir lengkap. "Penampakan fisiknya sudah sangat luar biasa. Tempatnya juga sangat strategis," katanya, saat meninjau langsung Gedung Pusat Informasi Publik, Senin, (15/11/2021).

Terkait tujuannya ke Pangkep , kata dia untuk melakukan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi kabupaten/kota se Sulsel.

Pangkep, lanjutnya masuk salah satu kabupaten yang dipandang cukup administrasi dan perlu untuk divisitasi untuk pembuktian vaktual.

"Makanya kita lihat fisiknya. Karena tahun lalu belum ada, sekarang baru ada makanya kita mau lihat," katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya berada pada urutan keenam keterbukaan informasi publik. "Saya kira tahun ini bisa lebih maju, karena progresnya memang kelihatan. Banyak perubahan signifikan untuk menandakan bahwa Pangkep berbeda dengan kabupaten lain," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Pangkep Baharuddin usai mendampingi KIP Sulsel mengatakan, kunjungan Komisioner Komisi Informasi Provinsi di Pangkep merupakan bagian dari evaluasi pemeringkatan keterbukaan informasi tahun 2021.



Kegiatan ini, merupakan rangkaian dari presentasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Daerah yang masuk 11 besar akan divisitasi, melihat secara langsung kegiatan layanan informasi publik di PPID Pangkep.

"Jadi, komisioner KI Provinsi Sulsel menyampaikan, kemajuan layanan informasi publik di Pangkep dari tahun ke tahun terus meningkat. Mereka juga mengapresiasi adanya gedung yang disiapkan oleh Pemda sekaitan dengan layanan informasi publik," katanya.

Gedung tersebut kata dia, akan dilengkapi PPID, Pangkep TV, radio dan pengaduan. Ini langkah yang positif menurut mereka. "Kita berharap ke depan, Pangkep masuk jajaran kabupaten/kota yang bisa mendapatkan penghargaan dari komisi informasi provinsi. Ini suatu kemajuan bagi kita semua. Ke depan, kita akan tingkatkan hingga ke tingkat desa," tambahnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3800 seconds (0.1#10.140)