Dilantik Jadi Kepala BNPB, Mayjen Suharyanto Ungkap Pesan Khusus Jokowi

Rabu, 17 November 2021 - 17:05 WIB
loading...
Dilantik Jadi Kepala BNPB, Mayjen Suharyanto Ungkap Pesan Khusus Jokowi
Mayjen TNI Suharyanto seusai dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Seusai dilantik, Suharyanto mengaku mendapat pesan khusus dari Presiden Jokowi.

"Kemudian tadi pada saat selesai pelantikan juga bapak presiden berpesan pada kami ini musim bencana. Sehingga kami harus segera bekerja,” katanya dalam konferensi persnya di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

Dia mengaku sangat bahagia mendapat kesempatan untuk menjadi kepala BNPB. Menurutnya, selain ada kebanggaan tentunya terdapat tanggung jawab yang harus dipikul.

"Tentunya negara kita Indonesia ini tidak bisa lepas dari bencana karena letak geografisnya sedemikian rupa. Sehingga hampir dipastikan selalu bergerak, banyak gempa. Kemudian di penghujung tahun, di awal-awal tahun, seperti ini banjir di mana-mana,” ujarnya.



Menurutnya, kondisi tersebut membutuhkan kehadiran BNPB. Mulai dari meningkatkan kesadaran, edukasi hingga mitigasi.

“Kemudian harus hadir pada saat terjadinya bencana, tanggap darurat. Sehingga masyarakat yang terdapat bencana dapat dipastikan tidak terlalu lama menanggung akibat dampak bencana. Dan setelah itu juga BNPB perlu hadir dalam program-program rehabilitasi dan rekonstruksi,” ungkapnya.

Suharyanto mengatakan bakal melanjutkan program yang sudah dicapai oleh Letjen TNI Ganip Warsito, kepala BNPB sebelumnya. "Yang akan kami tonjolkan adalah khususnya itu pada saat terjadi bencana BNPB bisa hadir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya untuk membantu agar masyarakat yang terdampak bencana segera mendapat pertolongan dan segera mendapat hak-hak untuk hidup yang mendasar,” pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)