Ribuan Laporan Dugaan Maladministrasi Seleksi CPNS Masuk Ombudsman

Kamis, 18 November 2021 - 14:25 WIB
loading...
Ribuan Laporan Dugaan Maladministrasi Seleksi CPNS Masuk Ombudsman
Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menerima banyak laporan dari masyarakat soal dugaan maladministrasi pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menerima banyak laporan dari masyarakat soal dugaan maladministrasi pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) tahun 2021. Ribuan laporan yang mayoritas protes pada tahap pemberkasan atau seleksi administrasi telah dirampungkan Ombudsman.

"Ombudsman RI sebagai pengawas penyelenggaraan pelayanan publik, telah melakukan pengawasan proses pendaftaran CASN dan menyelesaikan kurang lebih 2.000 laporan, terutama terkait dengan masa komplain pasca diumumkan seleksi administrasi," ujar Ketua Ombudsman Mokhammad Najih melalui pesan singkatnya, Kamis (18/11/2021).

Dia mengaku juga mendapat laporan yang berkaitan dengan kecurangan dalam tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Namun demikian, Ombudsman menyerahkan kepada penegak hukum untuk memproses dugaan kecurangan tersebut.



"Sedangkan kaitannya kecurangan dalam tes CASN, kalau sudah masuk ranah kriminal, ORI menyerahkan tugas kewenangan pemeriksaan kepada penegak hukum, kecuali ada hal yang berkaitan dengan maladministrasi," pungkasnya.

Sekadar informasi, sejumlah instansi telah mengumumkan hasil tes seleksi CPNS di tahap SKD. Namun, ada juga instansi yang belum mengumumkan hasil tes SKD karena terdapat kecurangan pada saat ujian. Sejumlah peserta tes CPNS dikabarkan curang ketika mengisi soal-soal SKD.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)