Jadi Kader Golkar, Andi Rio Punya Kans Diusul jadi Cawabup

Sabtu, 20 November 2021 - 07:36 WIB
loading...
Jadi Kader Golkar, Andi Rio Punya Kans Diusul jadi Cawabup
Foto bersama Ketua DPD II Lutim Aripin, Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe dan Andi Rio. Foto: dok/pribadi
A A A
MAKASSAR - Kembalinya Andi Muhammad Rio Patiwiri Hatta ke Golkar disinyalir memiliki tujuan politik. Ia disebut-sebut akan disiapkan sebagai calon wakil bupati (Cawabup) Luwu Timur (Lutim) yang pemilihannya melalui DPRD.

Golkar berhak mengusulkan nama Cawabup sebagai pendamping Budiman yang saat ini sudah menjadi bupati Lutim. Sebab partai Beringin menjadi satu dari delapan partai pengusung Muh Thoriq Husler-Budiman di Pilkada 2020 lalu.



"Partai Golkar memastikan akan mengusung calon Wakil Bupati Luwu Timur nanti. Dan memang seharusnya, posisi wakil bupati itu adalah milik Golkar," kata Juru Bicara DPD I Golkar Sulsel , Zulham Arief.

Situasi ini membuat peluang Andi Rio makin terbuka diusul sebagai Cawabup Lutim nanti. Sebab mantan kader Demokrat itu sudah sah kembali menjadi bagian dari Beringin.

"Untuk saat ini, saya belum bisa menjawab soal itu (diusulkan jadi cawabup). Pada intinya, yang harus menempati posisi Wakil Bupati Luwu Timur adalah kader Golkar," tegasnya lagi.

Pada Pilkada Lutim 2020 lalu, Andi Rio juga berposisi Cawabup yang diusung Nasdem dan Demokrat. Ia berpasangan dengan Irwan Bachri Syam sebagai Cabup, namun kalah.

Zulham bilang, Golkar merupakan partai pengusung dengan kursi terbanyak pada koalisi Husler-Budiman. Beringin memiliki 7 kursi. Sehingga meski tidak koalisi dengan partai lain pun, Golkar tetap bisa mengusung sendiri.

"Selain itu, Pak Bupati (Husler) almarhum, kan kader Golkar. Jadi memang penggantinya harus juga dari Golkar," terangnya.

Wakil Sekretaris DPD I Golkar Sulsel ini melanjutkan, partai lain juga harus kompromi terkait hal tersebut. Begitu juga dengan Bupati Budiman yang diminta mengerti dengan keinginan Golkar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)