GrabBike Kini Dilengkapi Partisi Plastik dan Peralatan Kebersihan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:27 WIB
loading...
GrabBike Kini Dilengkapi Partisi Plastik dan Peralatan Kebersihan
Bagi warga Makassar yang ingin berkendara menggunakan aplikasi ojek online kini tak perlu khawatir soal kebersihan, sebab saat ini aplikasi Grab meluncurkan GrabProtect di Makassar. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bagi warga Makassar yang ingin berkendara menggunakan aplikasi ojek online kini tak perlu khawatir soal kebersihan, sebab saat ini aplikasi Grab meluncurkan GrabProtect di Makassar.

Baca :5.000 Layanan GrabCar Protect Bantu Mobilitas Masyarakat di Tengah Pandemi

Region Head of Sulawesi Area, Grab Indonesia, Ahmad Hidayat, mengatakan GrabProtect hadir sebagai protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19 dari transportasi yang dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan terbaru yang menjadi standar terbaik dalam industri ride-hailing.

“Keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui program seperti GrabProtect, kami telah meningkatkan standar kebersihan di industri ride-hailing. Dengan hadirnya armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect, kami bersama dengan mitra pengemudi akan terus mendorong standar keamanan dan kebersihan dalam berkendara bagi para penumpang untuk meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19,” ujarnya.

Kata Dia, GrabProtect memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru agar perjalanan lebih aman. Dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat dan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan, memberikan mereka kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker, serta meningkatkan praktik menjaga keamanan dan kebersihan seperti membersihkan tangan secara rutin dan menggunakan metode pembayaran non-tunai (cashless payment).

Beberapa langkah tersebut meliputi: Teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie; Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie mulai akhir bulan Juni; Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mereka mulai mengemudi, mengantarkan pesanan, atau memesan kendaraan.

Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

Baca : Ekspansi ke Bantaeng, Gojek Mulai Beroperasi dengan 4 Layanan

Tak hanya sampai di situ saja, GrabBike juga melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan. Grab telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.

Grab juga akan mendistribusikan peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect di Makassar selama sebulan mendatang. Selain itu, Grab juga telah mendirikan posko sanitasi di Makassar di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk disinfeksi.

"Penumpang dan Mitra Pengemudi dapat membatalkan perjalanan apabila persyaratan masker tidak dipenuhi. Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platform Grab," tukasnya.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)