Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Jenis LSD di Kota Makassar

Minggu, 21 November 2021 - 19:52 WIB
loading...
Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Jenis LSD di Kota Makassar
Anggota Polrestabes Makassar mengamankan pengedar narkoba jenis Lysergic acid diethylamide (LSD) di Makassar. Foto: Ilustrasi/Sindonews
A A A
MAKASSAR - Petugas Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar, menangkap satu orang terduga pengedar narkoba jenis Lysergic acid diethylamide (LSD). Narkoba berbentuk kertas yang pemakaiannya ditempel di lidah.

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, AKBP Yudi Frianto menjelaskan soal efeknya dan kandungan dari LSD itu, pihaknya masih menunggu hasil uji klinis dari Laboratorium Forensik. Hasilnya disebutkan bakal diberikan pada Senin 21 November 2021.



Yudi belum memberikan keterangan rinci terkait penangkapan tersebut. Begitu juga dengan identitas pelaku yang ditangkap serta berapa banyak bukti narkoba yang disita. Dia menyatakan akan melakukan ekspose bersamaan dengan hasil dari Uji Labfor, Senin, (22/11/2021) siang.

"Modelnya kayak kertas yang ditempelkan di lidah dari keterangan tersangka barang bukti itu namanya LSD dan diakui diedarkan di Makassar. Satu orang kita amankan, dia pengedar. Kita jelaskan, besok yah di konferensi pers," kata Yudi, Minggu (21/11/2021).

Dia menerangkan, pihaknya juga masih melakukan pengembangan guna membongkar jaringan pengedar. Sebab menurut Yudi penggunaan narkoba LSD hanya menyasar kalangan tertentu. "Jadi bukan narkoba jenis baru, cuman hanya orang-orang tertentu yang makai, tidak umum," paparnya.

Dikutip dari laman resmi bnn.go.id, narkoba jenis LSD masuk dalam kategori golongan satu yang setara dengan putaw, heroin, hingga ekstasi. Efeknya menimbulkan halusiansi bagi penggunannya serta mengubah perasaan secara drastis.

LSD merupakan golongan narkotika sintetis yang dibuat dari sari jamur berzat asam lysergic kering yang tumbuh di rumput gandum dan biji-bijian. Efek buruk dari penyalahgunaannya bisa menimbulkan kecanduan yang mengarah pada kematian jika sudah mencapai level parah.



Yudi kembali menerangkan bahwa, pengungkapan narkoba LSD ini adalah kali pertama di Makassar. Oleh karena itu, dia enggan berkomentar banyak ihwal narkoba itu. "Saya gak berani menyebut-nyebut campurannya apa. Karena itu barang baru, kita pastikan dulu di lab. Besok baru dapat hasilnya," ucapnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)