TOPIK TERPOPULER

Pemkab Wajo Terus Mendorong Pengembangan Sektor UMKM

M Reza Pahlevi
Pemkab Wajo Terus Mendorong Pengembangan Sektor UMKM
Bupati Wajo, Amran Mahmud mendorong pengembangan UMKM di Kabupaten Wajo. Foto: Dok/Pemkab Wajo

WAJO - Pemerintah Kabupaten Wajo, terus mendorong pengembangan di sektor UMKM di Kabupaten Wajo. salah satunya dengan memberi kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengurus legalitas produk UMKM.

Hal itu diungkapkan Bupati Wajo, Amran Mahmud saat menjadi narasumber di Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apinda) UMKM Expo 2022 di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: DPK Provinsi Sulsel Dukung Pengembangan Literasi di Wajo

"Untuk membantu pelaku UMKM di Kabupaten Wajo, kita mempermudah pelayanan di tingkat kecamatan dan menyiapkan pendamping sebagai fasilitator kepengurusan legalitas produk UMKM," ujarnya.

Menurut Amran, untuk kepengurusan NIB, TDP, SITU, SIUP melalui Dinas PTSP Kabupaten Wajo semua telah digratiskan. Termasuk mempermudah permodalan melalui program KUR.



Hal itu bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang merata dan berkeadilan, menciptakan 10 ribu wirausahawan baru, satu kecamatan satu produk unggulan dan penataan pasar.

"Kami juga memberi bantuan modal usaha, tekhnologi dan pemasaran bagi koperasi, UMKM. Termasuk bantuan bagi petani, peternak dan nelayan.

Di sektor persuteraan, lanjut Amran, Pemkab Wajo juga menjalin kerjasama dengan pihak Perbankan terhadap pelaku IKM.

Bentuk kerjasama itu dengan melaksanakan whorkshop pengembangan kain tenun Sutra Sengkang Kampung BNI dengan mendatangkan designer nasional Defrico Audi.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!