Penyebab Perang Dunia I dan Runtuhnya 4 Dinasti Kekaisaran Besar

Selasa, 23 November 2021 - 15:29 WIB
loading...
Penyebab Perang Dunia I dan Runtuhnya 4 Dinasti Kekaisaran Besar
Tank pada Perang Dunia I awalnya disebut tank untuk menyembunyikan tujuan pembuatannya. Pekerja yang membuatnya mengaku hanya membuat tangki air. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Perang Dunia I dikenal sebagai perang besar. Perang ini berawal pada 1914 setelah terjadinya pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria.

Peristwa itu memicu perang di seluruh Eropa yang berlangsung hingga 1918. Ketika Perang Dunia I, Jerman, Austria-Hongaria, Bulgaria, dan Kekaisaran Ottoman (Turki Ustmani) sebagai kekuatan sentral perang melawan kekuatan sekutu yang terdiri dari Inggris Raya, Prancis, Rusia, Italia, Rumania, Jepang, dan Amerika Serikat (AS).

Perang Dunia I adalah salah satu titik balik besar sejarah geopolitik abad ke-20. Hal ini menyebabkan empat dinasti kekaisaran besar di Jerman, Rusia, Austria-Hongaria, dan Turki runtuh.



Selain itu, juga mengakibatkan Revolusi Bolshevik di Rusia, ketidakstabilan masyarakat Eropa, serta menjadi dasar Perang Dunia II.



Percikan yang menyulut Perang Dunia I terjadi di Sarajevo, Bosnia. Kala itu, Archduke Franz Ferdinand yang merupakan pewaris Kekaisaran Austria-Hungaria ditembak mati bersama istrinya, Sophie.



Archduke Franz Ferdinand dan sang istri ditembak oleh nasionalis Serbia, Gavrilo Princip pada 28 Juni 1914. Gavrilio Princip dan para nasionalis lainnya berjuang untuk mengakhiri kekuasaan Austria-Hungaria atas Bosnia dan Herzegovina.

Pembunuhan tersebut kemudian memicu rangkaian peristiwa yang terjadi dengan cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)