TOPIK TERPOPULER

Pemkab Gowa Optimistis Realisasi APBD Tahun Depan Lebih Baik

Herni Amir
Pemkab Gowa Optimistis Realisasi APBD Tahun Depan Lebih Baik
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan rapat koordinasi evaluasi penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021, Senin (22/11). Foto: SINDOnews/Herni Amir

GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan optimistis realisasi APBD bisa meningkat jauh lebih baik tahun depan. Keyakinan ini ditopang oleh tren pandemi Covid-19 yang semakin menurun.

"Realisasi kita di tahun ini cukup baik. Kita masuk dalam kategori menengah, tidak juga rendah tidak juga tinggi. Memang situasi dan kondisi setiap daerah pasti berbeda-beda sehingga pasti ada yang serapannya tinggi dan ada yang rendah," ungkap Adnan Purichta Ichsan.

Baca juga: Pelayanan Berbasis Digital, Pemkab Gowa Segera Berlakukan Disposisi Online

Hal ini disampaikan Bupati saat mengikuti rapat koordinasi evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kemendagri secara virtual di Peace Room A'kio, Kantor Bupati Gowa, Senin (22/11).

Menurut Adnan, momentum melandainya angka penularan Covid-19 saat ini dapat menjadi titik awal menjalankan strategi pemulihan ekonomi yang dicanangkan.



"Penjadwalan telah diserahkan kepada seluruh SKPD setelah itu kita buat surat pernyataan. Jadwalnya itu setelah penetapan apa yang harus dilakukan sehingga realisasinya pada pertengahan tahun depan itu sudah di atas rata-rata yang ada selama ini," terang Bupati 2 periode ini.

Adnan lebih jauh menjelaskan, penandatangan pernyataan oleh pimpinan SKPD ini menjadi komitmen setiap SKPD untuk mampu merealisasikan pendapatan dan belanja yang akan dianggarkan di awal tahun nanti.

Baca juga: Peringatan HJG, Adnan Minta Perbaikan Poros Tun Abdul Razak dan Pattallassang

Mengenai kendala penganggaran dari pusat seperti refocusing dana transfer dan insentif disiasati dengan usaha-usaha untuk menaikkan pendapatan asli daerah (PAD).



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!