TOPIK TERPOPULER

Proyek Pembangunan-Rehabilitasi Drainase Terhambat Lelang

Andi Nur Isman
Proyek Pembangunan-Rehabilitasi Drainase Terhambat Lelang
Pekerja melakukan pembenahan drainase. Sejumlah proyek pembangunan dan rehabilitasi drainase di Kota Makassar terhambat lelang. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Upaya penanggulangan banjir di Kota Makassar masih belum maksimal. Sejumlah proyek pembangunan dan rehabilitasi drainase berpotensi mandek.

Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar punya program pembangunan drainase di 12 titik di sejumlah wilayah di Kota Makassar. Kemudian, ada 25 titik yang diprogramkan untuk merehabilitasi drainase yang sudah tidak layak lagi.

Hanya saja, program yang dianggarkan sebesar Rp41 miliar itu berpotensi tak bisa terlaksana 100 persen. Yakni terdiri dari Rp8 miliar untuk pembangunan drainase baru dan Rp33 miliar untuk rehabilitasi drainase.

Baca Juga: Cegah Banjir, Pemkab Wajo Bongkar Bangunan yang Ganggu Drainase

Hingga saat ini, dari 12 rencana pembangunan drainase, baru dua paket yang telah selesai tender. Kemudian ada satu yang sedang dalam penandatanganan kontrak. Selain itu, ada tiga paket yang baru memasuki masa sanggah. Sisanya ada enam paket yang masih dalam proses evaluasi administrasi, kualifikasi teknis, dan harga.



Plt Kepala Seksi Pembangunan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PU Kota Makassar, Jumain tak menampik adamya sejumlah proyek yang belum berjalan hingga November ini. Ia pun pesimis bisa menuntaskan semua program tersebut.

Lambannya pengerjaan proyek diklaim lantaran terhambat dalam proses lelang. Masih ada sejumlah proyek yang belum ditentukan pemenang tendernya, sehingga belum bisa dikerjakan.

"Semuanya sudah masuk di LPSE tapi belum ada hasilnya, baru beberapa yang sudah selesai dan ditinjau pembangunannya," kata Jumain, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Gali Saluran Drainase, 2 Pekerja Tewas Tertimbun Longsor



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!