Iran Berhasil Luncurkan Satelit Pengintai Militer Pertamanya

Rabu, 22 April 2020 - 18:48 WIB
loading...
Iran Berhasil Luncurkan Satelit Pengintai Militer Pertamanya
Peluncuran satelit militer Iran di tengah-tengah ketegangan antara Teheran dan Washington mengenai runtuhnya kesepakatan nuklir Foto: Kementerian pertahanan Iran via AP
A A A
TEHERAN - Iran telah mengumumkan bahwa pihaknya berhasil meluncurkan satelit pengintaian militer pertama negara itu setelah berbulan-bulan gagal.

Meski demikian laporan tersebut dinilai sebuah program yang menurut Amerika Serikat, adalah kedok untuk pengembangan rudal.

"Satelit pertama Republik Islam Iran telah berhasil diluncurkan ke orbit oleh Korps Pengawal Revolusi Islam [IRGC]," kata situs web resmi pasukan elit dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (22/04/2020).

Dikatakan satelit itu - dijuluki Nour - dikerahkan dari peluncur dua tahap Qassed dari gurun Markazi, sebuah bentangan luas di dataran tinggi tengah Iran.

"Satelit itu mengorbit Bumi pada ketinggian 425 kilometer," kata situs web itu.

"Tindakan ini akan menjadi sukses besar dan perkembangan baru di bidang ruang untuk Iran Islam," lanjut pernyataan itu.

IRGC menyebutnya sebagai satelit militer pertama yang diluncurkan oleh Teheran. Itu menggunakan Ghased, atau "Messenger", pembawa satelit untuk menempatkan perangkat ke ruang angkasa, sistem yang sebelumnya tidak pernah terdengar.

Ketika dunia bergulat dengan pandemi coronavirus dan harga minyak yang secara historis rendah, peluncuran rudal itu mungkin menandakan kesediaan baru untuk mengambil risiko oleh Iran.

"Ini menimbulkan banyak bendera merah," kata Fabian Hinz, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, California.

"Sekarang setelah Anda memiliki kampanye tekanan maksimum [AS], Iran tidak akan kehilangan banyak hal lagi," katanya.

Hinz mengatakan, berdasarkan gambar media pemerintah, peluncuran itu tampaknya terjadi di pangkalan IRGC yang sebelumnya tidak disebutkan namanya di dekat Shahroud, Iran, sekitar 330km (205 mil) timur laut Teheran. Pangkalan itu berada di provinsi Semnan, yang menampung Spaceport Imam Khomeini, tempat program ruang angkasa sipil Iran beroperasi.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5254 seconds (0.1#10.140)