Sandiaga Dorong Upaya Bangkitkan Ekonomi Desa Wisata Lembang Nonongan

Rabu, 24 November 2021 - 18:25 WIB
loading...
Sandiaga Dorong Upaya Bangkitkan Ekonomi Desa Wisata Lembang Nonongan
Menparekraf RI Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Lembang Nonongan, Kabupaten Toraja Utara, belum lama ini. Foto: Dok Kemenparekraf
A A A
TORAJA UTARA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mendorong upaya membangkitkan ekonomi Desa Wisata Lembang Nonongan, Kabupaten Toraja Utara. Untuk itu, pihaknya akan mengkreasikan sebuah event di Tana Toraja agar mampu kembali menjadi destinasi wisata kelas internasional seperti sedia kala.

"Kita akan kreasikan event dimana Toraja menjadi salah satu tujuannya dan skalanya ini internasional," kata Sandiaga , saat kunjungan kerja ADWI di Desa Wisata Lembang Nonongan, belum lama ini.



Ia menegaskan Desa Wisata Lembang Nonongan akan terus dikembangkan dengan mendapatkan pembinaan produk wisata dan pengelolaan daya tarik wisata. Hal tersebut guna meningkatkan kebangkitan ekonomi bangsa.

Pembinaan tersebut akan dilakukan oleh profesional di bidang pariwisata. “Salah satu kebangkitan ekonomi masyarakat di desa adalah pengembangan dan peningkatan pariwisata di desa tersebut,” ujar dia.

Sandiaga
mengimbuhkan guna menunjang peningkatan wisata di desa tersebut, pihaknya akan memberikan perlengkapan kesehatan sebagai penunjang bagi desa tersebut sebagai desa yang peduli dengan protokol kesehatan. “Kalau sudah ada penunjangnya maka kita harapkan masyarakat dan wisawatan bisa lebih peduli akan protokol kesehatan,” tegasnya.



Lembang Nonongan diketahui merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulsel. Desa ini berada di lereng dan sekitar kaki Gunung Sopai. Lembang Nonongan adalah salah satu desa dari 151 desa maupun kelurahan wisata yang masuk nominasi ADWI.

Sebagai masyarakat agrarian, masyarakat Lembang Nonongan masih mempertahankan kebiasaan-kebiasaan leluhur mereka yang sudah dilakukan turun temurun dari genersi ke generasi berikutnya. Dua hal yang sangat menonjol, pertama bagaimana hubungan manusia dengan alam lingkungannya sebagai sumber kehidupan sekaligus pendukung kehidupan dan kedua bagaimana hubungan manusia dengan sesamanya sebagai mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3758 seconds (0.1#10.140)