Puluhan Warga Makassar Dilatih untuk Pengurusan Jenazah

Rabu, 24 November 2021 - 21:24 WIB
loading...
Puluhan Warga Makassar Dilatih untuk Pengurusan Jenazah
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar bekerjasama dengan Lembaga Dakwah NU dan BKM Nurul Ilmi menggelar pelatihan pengurusan jenazah. Foto: Baznas Makassar
A A A
MAKASSAR - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar bekerjasama dengan Lembaga Dakwah NU dan BKM Nurul Ilmi menggelar pelatihan pengurusan jenazah untuk puluhan warga di Masjid Nurul Ilmi Jalan Pendidikan, Rabu (24/11/2021).

Kepala Bagian Kesra Muhammad Syarief yang mewakili Wali Kota Makassar menyanjung langkah Baznas dalam mendorong program-program kemasyarakatan.



Kehadiran pemandi jenazah dianggap sangat penting, kendati demikian profesi itu masih sangat minim di Kota Makassar , sehingga pemandi jenazah disebutnya sebagai orang-orang mulia pilihan.

"Karena penyelenggara jenazah itu bersentuhan dengan mayat, sehingga membutuhkan keterampilan dan tentunya profesional. Makanya, pemerintah kota selalu memperhatikan para penyelenggara jenazah ini," katanya.

Salah satu bentuknya yaitu adanya insentif khusus bagi mereka yang dikucurkan tiap tahun untuk kesejahteraan mereka.

Ketua PC NU Kota Makassar , KH Kaswad Sartono, mengaku pengurusan jenazah merupakan kewajiban muslim terhadap sesama muslim yang telah meninggal.

Pentingnya pengurusan jenazah inilah, maka sangat dibutuhkan, sehingga petugasnya seharusnya ada di setiap lingkungan tempat tinggal.

"Kematian adalah musibah, dan semua orang dipastikan akan menemui kematian itu. Hanya saja akhir-akhir ini sangat dirasakan kurangnya tenaga terampil untuk pengurusan jenazah. Belum tentu ada orang yang mau memandikan jenazah. Butuh keberanian, keterampilan dan kemauan," terangnya.

Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong mengharapkan, keterampilan atau keahlian pengurusan jenazah yang diperoleh melalui pelatihan kader petugas penyelenggara jenazah ini nantinya ditularkan kepada orang lain. "Termasuk agar ke depan ada kaderisasi," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5024 seconds (0.1#10.140)