TOPIK TERPOPULER

Gerindra Sulsel Akan Uji Kelayakan Caleg untuk Pileg 2024

Muhaimin Sunusi
Gerindra Sulsel Akan Uji Kelayakan Caleg untuk Pileg 2024
Ketua DPd Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras dalam suatu kegiatan. Foto: Humas Gerindra Sulsel

MAKASSAR - Gerindra Sulsel akan melakukan terobosan baru di pemilihan legislatif (pileg) 2024 mendatang. Mereka ingin menggelar uji kelayakan calon legislatif (caleg) yang mau mengendarai partai berlambang kepala burung garuda ini.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras menegaskan hal tersebut. Uji kelayakan perlu untuk melihat kemampuan dan kekuatan setiap figur yang akan bertarung melalui partainya.

Baca juga: Persiapan Pileg 2024, Gerindra Sulsel Rekrut Saksi TPS Sejak Dini

"Jadi DPC akan menyusun komposisi calegnya untuk kabupaten/kota. Kemudian saya bersama pengurus DPD lainnya melakukan fit and proper test terhadap setiap caleg yang mau maju lewat Gerindra," kata Andi Iwan, baru-baru ini.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini menuturkan, DPD boleh mengubah komposisi caleg yang disodorkan DPC, atau menghapus nama caleg, jika memang itu perlu dilakukan, sesuai hasil uji kelayakan.



"Tentu bisa dong (mengubah komposisi caleg). Karena ternyata terkadang ada teman-teman yang tidak menginginkan caleg potensial bergabung. Ini menjadi evaluasi saya," ujarnya.

Andi Iwan memiliki target tinggi di pileg 2024 mendatang. Sebab perhelatan politik itu, akan menjadi pertarungan pertamanya sebagai ketua partai di Sulsel.

Baca juga: Didorong jadi Ketua DPD Hanura Sulsel, Amsal Sowan ke DPP

Ketua Kadin Sulsel ini menginginkan bisa memenuhi setiap dapil yang ada. Mulai dari kursi di DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Makanya semua dapil harus diperkuat.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!