Dosen UMI Suarakan Keterpenuhan Akses Internet Bagi Guru di Pulau Selayar

Kamis, 25 November 2021 - 13:43 WIB
loading...
Dosen UMI Suarakan Keterpenuhan Akses Internet Bagi Guru di Pulau Selayar
Pembukaan seminar pendidikan yang diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan Hari Guru Nasional di Kabupaten Selayar, Selasa 23 November lalu. Foto: Humas UMI
A A A
SELAYAR - Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) , Sitti Rabiah menyuarakan keterpenuhan akses internet bagi guru dan peserta didik di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar. Fasilitas ini penting untuk menunjang proses pembelajaran.

Hal ini disampaikan Sitti Rabiah saat menjadi pembicara dalam seminar pendidikan “Optimalisasi peran serta pendidik dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif serta inovatif dalam rangka mengembangkan pembelajaran berbasis digital” di ruang pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Selasa 23 November lalu.

Baca Juga: Pemkab Kepulauan Selayar
Rekomendasi kedua, Pemerintah Selayar perlu mengambil praktik baik dan daerah kepulauan lainnya di Indonesia mengenai optimalisasi pembelajaran dengan menggunakan TIK/Digital. Ketiga, sinergi dan kolaborasi lintas-sektor termasuk PGRI dan Pemkab Selayar diperlukan agar permasalahan di lapangan dalam pembelajaran berbasis digital dapat ditemukan solusinya.

Dalam seminar tersebut, Sitti Rabiah menyatakan bahwa peran guru sangat vital di dunia pendidikan dan yang paling utama pentingnya karakter dari seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal yang juga perlu diperhatikan oleh guru yakni standar kompetensi dasar yang harusnya dipenuhi dalam proses pembelajaran.

Baca Juga: Wakil Bupati Selayar
Saiful bilang, sektor pendidikan adalah sektor mendasar yang patut mendapatkan perhatian pemerintah dari tingkat daerah, provinsi hingga tingkat nasional. Oleh karena itu, pemerintah menyambut baik seminar ini sebagai upaya meningkatkan kualitas guru yang menjadi ujung tombak dalam mendidik generasi penerus Kabupaten Selayar di masa mendatang.

Baca juga:Tenaga Teknis Laboratorium Multimedia Komunikasi UMI Dilantik

“Hal yang patut menjadi perhatian juga adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang indikator utamanya adalah aspek pendidikan. Oleh karena itu, maka setiap kegiatan yang bernuansa pendidikan, pemerintah daerah sangat memberikan dorongan dan apresiasi. Semoga melalui seminar ini pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait di Kabupaten Kepulauan Selayar menerima rekomendasi dr peserta seminar, untuk kebijakan peningkatan kualitas pendidikan,” harap Saiful Arif.

Seminar ini diselenggarakan dalam rangkaperingatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-76 Tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan PGRI Kabupaten Kepulauan Selayar didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra UMI.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)