TOPIK TERPOPULER

Sekda Luwu Sebut Kemajuan Teknologi Tak Dapat Gantikan Peran Guru

Chaeruddin
Sekda Luwu Sebut Kemajuan Teknologi Tak Dapat Gantikan Peran Guru
Upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 di Lapangan Opu Daeng Mangille Kecamatan Suli, Kamis (25/11). Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, Sulaiman memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional dan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 di Lapangan Opu Daeng Mangille, Kecamatan Suli, Kamis (25/11).

Mewakili Bupati Luwu, Basmin Mattayang, Sekda Luwu, menyampaikan sejumlah pesan penting di Hari Guru. Di antaranya, penyampaian rasa syukur dan ucapan terima kasih Pemkab Luwu, kepada seluruh guru khususnya yang bertugas mengajar di Luwu dari jenjang pendidikan PAUD, TK hingga pendidikan tertinggi.

Baca juga: Kadis Pertanian Luwu Minta BPP Aktif Laksanakan Tudang Sipulung

Dia mengatakan, dalam pandemi Covid-19, tugas guru bertambah, bukan hanya fokus pada pembelajaran yang sudah tercantum dalam kurikulum pendidikan nasional, tetapi mendapat tanggung jawab tambahan tentang keselamatan para murid dan siswa dalam hal kesehatan.

Pendidikan formal di sekolah dengan sistem tatap muka langsung di Kabupaten Luwu sempat terhenti untuk waktu yang cukup lama.



"Guna mengatasi ketertinggalan pendidikan di negeri ini, hingga akhirnya diputuskan melaksanakan pembelajaran melalui daring. Yakni, pembelajaran dengan pemanfaatan kemajuan teknologi, pembelajaran melalui sistem online," ujar Sulaiman.

Berbagai metode telah dilaksanakan, ada yang memberikan tugas melalui pesan WhatsApp kemudian dikerjakan di rumah dan jawaban dikirim melalui WhatsApp.

Baca juga: Pimpin Apel Konsolidasi Bencana, Ini Pesan Bupati Luwu

Ada pula jawaban ditulis di kertas dan dikirim ke sekolah atau rumah guru melalui jasa kurir. Bahkan kemajuan teknologi saat ini, pembelajaran pun dilakukan melalui aplikasi zoom meeting dengan sistem tatap muka melalui HP atau laptop dan PC.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!