Mahasiswa Modul Nusantara Siap Bantu Kembangkan Wisata Rammang-rammang

Sabtu, 27 November 2021 - 15:57 WIB
loading...
Mahasiswa Modul Nusantara Siap Bantu Kembangkan Wisata Rammang-rammang
Mahasiswa Program Modul Nusantara dari berbagai perguruan tinggi di Jawa, Kalimantan dan Sumatera saat mengunjungi kawasan wisata Rammang-rammang, Sabtu (27/11/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Sejumlah mahasiswa program Modul Nusantara yakni Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Negeri berupaya membantu pengembangan dan promosi Kawasan Wisata Karst Rammang-rammang , Kabupaten Maros, Provinsi Sulsel. Niatan itu disampaikan mahasiswa lintas provinsi ini saat mengunjungi Rammang-Rammang, Sabtu (27/11/2021).

Sebagai langkah awal, mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ini melakukan survei dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat di Kawasan Rammang-rammang .



"Kami takjub melihat Rammang-rammang . Kami tidak sekadar mengunjungi. Semoga pulang dari sini kita bisa melihat permasalahan dan memberikan alternatif solusi untuk pengembangan Rammang-rammang," kata Cristian Elia Butar Butar, mahasiswa Universitas Tri Sakti Jakarta.

Saat kunjungan, rombongan mahasiswa berjumlah 18 orang ini melakukan pengamatan dan wawancara dengan sejumlah masyarakat. Mereka didampingingi dosen pembimbing, Yasdin dan mentor dari mahasiswa.

"Saya minta mereka mengamati. Tujuannya selain mengenalkan Sulawesi Selatan, saya berharap mereka memiliki solusi untuk membantu pengembangan Rammang-rammang dari sisi akademis dari berbagai latar belakang ilmu yang mereka miliki," Kata Yasdin, Dosen Pembimbing Lapangan saat mendampingi.

Kunjungan mahasiswa ini merupakan rangkaian kegiatan Modul Nusantara dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri. "Jadi ini kegiatan Modul Nusantara, tujuannya menanamkan pemahaman kebhinekaan, memberi nilai inspirasi, memberi pengabdian, dan melakukan refleksi," kata Yasdin yang juga Kepala Pusat Riset dan Inovasi LP2M UNM.

Kedatangan mahasiswa progam Modul Nusantara ini disambut hangat masyarakat Rammang-rammang . Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Kamaluddin, menyampaikan kesyukuran atas kunjungan mahasiswa lintas provinsi tersebut.



"Kami berterima kasih, ini tentu akan jadi promosi wisata Rammang-rammang karena mereka ada dari Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Ini tentu sangat membantu kami. Kami berharap bisa membantu kami untuk mengembangkan Rammang-rammang dari sisi akademis. Kami butuh masukan," kata Kamaluddin.

Program Modul Nusantara merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Saat ini mereka merupakan mahasiswa inbound di Universitas Negeri Makassar. Mereka akan berada di Makassar hingga Januari.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)