Pemprov DKI Ganti Penutup Drainase Vertikal di Titik Rawan Banjir

Minggu, 28 November 2021 - 07:58 WIB
loading...
Pemprov DKI Ganti Penutup Drainase Vertikal di Titik Rawan Banjir
Pemprov DKI Ganti Penutup Drainase Vertikal di Titik Rawan Banjir. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) terus menambah titik drainase vertikal di Ibu Kota. Diketahui penambahan titik dilakukan pada daerah rawan genangan dan banjir, baik itu di lingkungan yang dekat dengan permukimanwarga maupun jalan raya.

Kepala Dinas SDA Yusmada Faizal, mengatakan saat ini sejumlah lokasi drainase vertikal masih dalam proses pengerjaan, termasuk yang berada di Jalan Intan, Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk drainase vertikal yang berada di jalan raya, tentunya menggunakan penutup yang tahan terhadap beban kendaraan.

”Saat ini pekerjaan drainase vertikal masih dalam masa konstruksi yang menjadi tanggung jawab vendor/rekanan pelaksana yang bersangkutan,” kata Yusmada, Minggu (28/11/2021).

Menurut dia, penutup drainase vertikal di Jalan Intan yang rusak tersebut adalah penutup sementara, saat ini oleh vendor yang bersangkutan sedang dilakukan perbaikan dan penggantian penutup jenisheavy duty(beban berat) untuk menjamin keamanan berlalu lintas.

Dinas SDA terus berupaya mengoptimalkan pembuatan drainase vertikal agar dapat menampung, menyimpan, dan menambah cadangan air tanah. ”Juga, mengurangi limpasan air hujan ke saluran pembuangan dan badan air lainnya. Sehingga, mencegah timbulnya genangan dan banjir sekaligus bermanfaat pada musim kemarau,” tuturnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)