Kabupaten Banggai Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2021

Minggu, 28 November 2021 - 07:57 WIB
loading...
Kabupaten Banggai Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2021
Bupati Banggai Ir. H. Amirudin menerima penghargaan pembangunan daerah sebagai kabupaten terbaik II kategori perencanaan dan pencapaian. (Ist)
A A A
JAKARTA - Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah dianggap berhasil menyiapkan perencanaan berkualitas dalam membangun daerah dengan lebih baik. Maka itu, Banggai menjadi kabupaten terbaik kedua dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 yang diselenggarakan Kementerian PPN/ Bappenas.

Adapun kategori yang dinilai adalah perencanaan dan pencapaian pembangunan. Untuk aspek pencapaian, Kementerian PPN/Bappenas menilai Pemerintah Kabupaten Banggai berhasil mengendalikan kemiskinan di masa pandemi Covid-19, dengan dukungan croos cutting program, di antaranya program penanggulangan kemiskinan, pencegahan stunting dan pengembangan pariwisata.

Sedangkan aspek perencanaan, Kabupaten Banggai dianggap mendukung secara penuh program prioritas nasional yang tertuang dalam RKPD. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) diberikan kepada Pemerintah Daerah adalah sebagai bentuk apresiasi Kementerian PPN/ Bappenas dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas, pencapaian target-target pembangunan daerah, dan juga inovasi pembangunan yang telah dilakukan oleh daerah.

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin didampingi oleh Kepala Bappeda Ramli Tongko menerima penghargaan pembangunan daerah sebagai kabupaten terbaik II kategori perencanaan dan pencapaian. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Acara itu digelar di Gedung Bappenas, Menteng Jakarta Pusat, dan dihadiri juga oleh Ketua Ombudsman RI Muh Najih, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Bengkulu, serta sejumlah kepala daerah lainnya. Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memuji sejumlah kepala daerah yang dianggap membuat kebijakan baru untuk mempercepat pembangunan di daerah masing-masing.

Dirinya berharap daerah lain bisa meniru daerah-daerah yang berprestasi. “Banyak saya lihat beberapa daerah melakukan inovasi-inovasi kebijakan dan inovasi kebijakan ini seyogianya bisa di-copy paste oleh daerah-daerah yang lain dan dengan demikian mudah-mudahan inovasi kebijakan itu tentu disesuaikan dengan keadaan, dengan situasi, dengan gaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah,” katanya. Baca: DPD Perindo Nias Targetkan Raihan 3 Kursi DPRD di Pileg 2024.

Dia pun menyerahkan buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah kepada Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Gubernur Sumbar, Gubernur Bengkulu, Bupati Bangka Riza Herdavid, Bupati Banggai Ir. H. Amirudin dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Bupati Banggai Ir. H. Amirudin menilai penghargaan PPD 2021 ini akan menjadi motivasi sekaligus pelecut pemerintahannya ke depan.

“Penghargaan PPD ini akan menjadi pelecut dan motivasi kami untuk bisa konsisten dalam merencanakan Pembangunan Daerah dengan baik kedepan,” kata Bupati. Baca Juga: Petani Lereng Gunung Bromo Hilang Terseret Arus Sungai Galih.

Bupati juga mengapresiasi Para ASN, dan perangkat daerah yang sudah mampu menunjukkan kinerja terbaik dalam membuat perencanaan pembangunan di Kabupaten Banggai. “Harapan kami, bukan hanya sekedar mendapatkan penghargaan, tetapi kembali ke tujuan semula, bahwa perencanaan pembangunan daerah yang disusun harus benar benar mendorong pembangunan di Kabupaten Banggai dan paham benar mengenai Visi Misi kami,” pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)