Jaringan Internet Gratis di Toraja Diperluas Hingga ke Kecamatan

Minggu, 07 Juni 2020 - 09:38 WIB
loading...
Jaringan Internet Gratis di Toraja Diperluas Hingga ke Kecamatan
Kepala Dinas Kominfo kabupaten Tana Toraja, Berthy Mangontan. Foto: Istimewa
A A A
TORAJA - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tana Toraja , mulai memperluas jaringan internet gratis hingga ke tingkat kecamatan guna mendukung proses belajar berbasis online atau daring.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tana Toraja , Berthy Mangontan mengatakan, proses belajar yang menjadi prioritas berbasis internet adalah proses belajar baca tulis hitung (calistung) bagi siswa sekolah dasar (SD) dan mata pelajaran tertentu untuk siswa sekolah menengah pertama hingga perguruan tinggi.

Guna mendukung untuk membantu proses belajar berbasis internet untuk pelajar, Pemkab Tana Toraja melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupaya mendekatkan jaringan internet ke kecamatan - kecamatan

Baca Juga: Satgas Covid-19 Tana Toraja Tarik Produk Makanan Kedaluwarsa di Pasaran

Untuk tahap awal, kata Berthy, jaringan internet gratis akan dipasang di sembilan kecamatan yaitu di depan pasar Makale, kecamatan Makale, di Kantor Arsip dan Perpustakaan untuk Kecamatan Makale Utara, di depan Pasar Sangalla Kecamatan Sangalla Utara, di depan Pasar Rembon Kecamatan Rembon di puskesmas kecamatan Malimbong Balepe, di pasar Ge'tengan kecamatan Mengkendek, kantor kecamatan Bittuang, pasar Salubarani kecamatan Gandang Batu Sillanan dan di kantor lurah Pattan Ulusalu Kecamatan Saluputti.

"Untuk tahap awal pemasangan Internet ini baru satu titik satu kecamatan dan diprioritaskan dulu daerah-daerah yang di situ banyak rumah penduduk sehingga anak sekolah bisa mengakses internet dari rumah dan belajar dari rumah tanpa harus berkerumun di satu tempat," ungkap Berthy.

Dia menambahkan, jaringan internet yang dipasang itu mampu menjangkau sampai 200 meter dengan kekuatan 10 Mbps dan 400 user sehingga pelajar bisa mengakses internet dari rumah. Untuk menjamin agar Internet tidak menimbulkan kerumunan maka akses point akan dijaga petugas agar tidak menjadi tempat berkerumun.

"Internet area publik kecamatan ini efektif berjalan mulai 1 Juni 2020 lalu," ujar Berthy.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)