Gowa Siap Jadi Penyedia Bahan Baku Obat Tradisional

Senin, 29 November 2021 - 16:31 WIB
loading...
Gowa Siap Jadi Penyedia Bahan Baku Obat Tradisional
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meninjau produksi obat tradisional di pabrik milik PT Royal Medicalink Pharmalab. Foto: Humas Pemkab Gowa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa siap menjadi penyedia bahan baku pembuatan obat tradisional yang dibutuhkan oleh PT Royal Medicalink Pharmalab, perusahaan yang bergerak di bidang obat-obatan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, selama ini 70 persen dari bahan baku yang digunakan PT Royal Medicalink Pharmalab yang berlokasi di Kecamatan Bontomarannu itu, diambil dari luar Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca Juga: Pemkab Gowa
"Kita memiliki lahan pertanian terpadu sekitar 200 hektare di Kecamatan Parangloe yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku obat tradisional oleh PT Royal Medicalink Pharmalab," ujar Bupati Gowa usai penandatanganan kerja sama dengan PT Royal Medicalink Pharmalab di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Senin (29/11).

Dia menjelaskan, 200 Ha ini bisa dimanfaatkan untuk menanam bahan baku yang dibutuhkan, seperti paliasa, kunyit, temulawak dan jahe serta peternakan ikan gabus sebagai bahan utama pembuatan obat tradisional.

"Kita harapkan semua bahan baku yang dibutuhkan, biarkan kami yang siapkan supaya tidak perlu lagi jauh-jauh ambil di Samarinda. Tentu kalau ambil bahan bakunya di Kabupaten Gowa biayanya juga jauh lebih murah," ungkapnya.

Baca Juga: Kabupaten Gowa
Baca Juga: Pemkab Gowa
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Gowa dan Bapak Direktur Perusda Kabupaten Gowa yang telah bersedia menjajaki kerja sama ini," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Holding Company Gowa Mandiri, Rahmansyah mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil penandatanganan ini. dengan perjanjian yang lebih teknis, seperti skema penanaman dan penyiapan bahan baku dan seperti apa pelibatan masyarakat dalam proses penyiapannya.

Baca juga:Pelayanan Berbasis Digital, Pemkab Gowa Segera Berlakukan Disposisi Online

Ke depan pihaknya juga akan siap memenuhi standar kuantitas dan kualitas bahan baku obat tradisional yang dibutuhkan oleh PT Royal Medicalink Pharmalab.

"Jadi kita tinggal menunggu kebutuhan dari pabrik, misalnya ikan gabus, temulawak, jahe merah, kumis kucing dan paliasa per hari mereka butuh berapa," tambahnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)