Menparekraf Kenalkan 2 Produk Kreatif Lokal, Ada yang Berbahan Limbah Padi

Senin, 29 November 2021 - 16:42 WIB
loading...
Menparekraf Kenalkan 2 Produk Kreatif Lokal, Ada yang Berbahan Limbah Padi
Menparekraf Sandiaga Uno memperkenalkan 2 produk kreatif anak negeri di Jakarta, Senin (29/11/2021). Foto/Athika
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno tak kenal lelah terus berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif , terutama di tengah pandemi.

Dukungan tersebut kali ini diwujudkannya dengan memperkenalkan dua produk kreatif karya anak bangsa, yakni sepatu dan helm merek Bio Sneakers NODE dan Helm Trooper.



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menjelaskan, kedua produk ini menjadi contoh bahwa pelaku ekonomi kreatif tidak tetap bisa berinovasi meski dihantam pandemi.

"Ini adalah kolaborasi pelaku ekonomi kreatif dengan pemerintah," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di kantornya, Senin (29/11/2021).

Dia menjelaskan, kedua produk ini memiliki keistimewaan tersendiri. Produk Bio Sneakers NODE ialah produk sepatu yang salah satu bahan bakunya menggunakan sekam padi.

Jika biasanya, sekam padi dibuang setelah proses penggilingan padi, dengan bantuan dari Balitbang Kementerian Pertanian, sekam padi ini diolah menjadi nanobiosilika dan menjadi salah satu bahan baku sepatu NODE.

"Ini 100% biodegradable. Ketika sudah tidak dipakai dan ditanam ditanah, sepatu ini akan mengurai dengan sendirinya selama 8 tahun," jelas founder NODE David Chrisnaldi.



Sementara, helm Trooper diproduksi dengan corak lukisan tangan yang sederhana namun unik dan kreatif. "Tidak hanya sekadar helm, namun juga ada ekspresi dari sebuah seni dan budaya," ujar Chief Creative Relations Trooper Custom Helmet Ai Syarif.

Menegaskan dukungannya, pada kesempatan yang sama, Sandiaga langsung membeli sepasang sepatu NODE dengan tema unik, yaitu hewan-hewan yang hampir punah di Indonesia. Sandiaga juga mendapatkan helm custom dengan tulisan dan lukisan tangan khas helm Trooper.

"Untuk pelaku ekonomi kreatif di Indonesia, jangan putus asa, kita terus menghadirkan kebijakan mengangkat potensi ekonomi kreatif!" tegas Sandiaga.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)