Tak Hanya Elok Dipandang, Teratai Memiliki Segudang Khasiat Kesehatan

Selasa, 30 November 2021 - 08:19 WIB
loading...
Tak Hanya Elok Dipandang, Teratai Memiliki Segudang Khasiat Kesehatan
Selain difungsikan sebagai tanaman hias, ternyata bunga teratai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bunga teratai atau water lily kerap dipakai untuk mempercantik tampilan kolam ikan di rumah serta dapat tumbuh dengan aneka bentuk dan warna yang sangat cantik.

Selain difungsikan sebagai tanaman hias, ternyata bagian akar dari bunga teratai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Akar teratai memiliki segudang manfaat yang menakjubkan untuk pengobatan dan dianggap sebagai makanan yang bernilai gizi tinggi.

Pasalnya, sayuran akar ini adalah sumber antioksidan, serat makanan, dan karbohidrat sehat yang baik dan dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal.



Dilansir dari Stylecraze, dalam 100 gram akar teratai yang dimasak mengandung 86 kalori, 1,54 gram protein, 15,5 gram karbohidrat, 2,6 gram lemak, 26 miligram kalsium, 352 miligram kalium, 21 miligram Magnesiu, dam 76 miligram fosfor.

Tidak salah jika akar teratai memiliki segudang manfaat karena kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut 5 manfaat akar teratai bagi kesehatan yang penting untuk diketahui:

1. Melindungi Terhadap Sakit Maag

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akar teratai dapat melindungi perut dari sakit maag . Ini karena akar teratai memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang menambah efek gastroprotektif dan mempercepat pemulihan lapisan mukosa lambung.

2. Mengurangi Peradangan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)