XM Concept, Jawaban BMW M Untuk SUV Lamborghini dan Bentley

Selasa, 30 November 2021 - 13:00 WIB
loading...
XM Concept, Jawaban BMW M Untuk SUV Lamborghini dan Bentley
BMW XM Concept akan mulai diiproduksi massal tahun depan dan jadi kompetitor kuat Lamborghini Urus. Foto/Netcarshow.
A A A
JAKARTA - BMW M akhirnya merilis mobil purwarupa, XM Concept, Selasa (30/11/2021) ini. Mobil itu merupakan kado ulang tahun BMW M yang telah mencapai usia 50 tahun. Selain itu XM Concept juga disiapkan sebagai modal awal BMW bertempur di segmen SUV supermewah dan bertenaga kencang yang telah diisi oleh Rolls-Royce Cullinan, Bentley Bentayga dan Lamborghini Urus.

BMW M tidak main-main dalam menyiapkan modal bertempur. XM Concept diyakini merupakan satu-satunya mobil terkencang yang pernah dibuat mereka. Total tenaganya diklaim mencapai 750 daya kuda. Tenaga itu mampu mengalahkan tenaga yang dimiliki mobil BMW M terkencang sebelumnya yakni BMW M5 CS yang memiliki tenaga maksimal 627 daya kuda.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, BMW XM Concept memang jauh lebih berotot. Lamborghini Urus hanya memiliki tenaga maksimal 641 daya kuda. Begitu juga dengan Rolls-Royce Cullinan di 563 daya kuda dan Bentley Bentayga di 443 daya kuda.

Hanya saja perlu dicatat, BMW XM Concept memiliki tenaga yang melimpah karena disokong oleh baterai. Ya, mobil berpaspor Jerman itu memang mobil hybrid. Jadi limpahan tenaga di mesin konvensional dapat induksi tenaga lagi dari motor elektrik.



XM Concept, Jawaban BMW M Untuk SUV Lamborghini dan Bentley


"BMW XM Concept mewakili cara menyeluruh dalam mengimajinasi ulang segmen mobil performa tinggi. Mobil ini menunjukkan emampuan kami melewati batasan-nbatasan yang ada. Ini adalah mobil pertama murni buatan BMW M setelah BMW M1," ucap Franciscus van Mee, CEO of BMW M GmbH.

Tidak hanya bermodalkan tenaga yang besar, BMW XM Concept juga memiliki desain yang kontroversial. Mobil dengan wheelbase yang sama dengan BMW X7 itu memilki tampilan yang tidak biasa untuk sebuah SUV BMW.

Tampilan grille raksasa yang sudah ada di BMW baru-baru ini, sekarang makin besar lagi di BMW XM Concept. Edannya lagi grille raksasa itu bisa bersinar terang sehingga memunculkan siluet grille ginjal khas BMW.

Ukuran mobil ini memang luar biasa besar. Hanya saja BMW M justru berupaya membuatnya seperti sebuah sedan coupe. Hal itu diperlihatkan di bagian buritan atau pilar C dan pilar D yang semakin landai dan menyempit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)