alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jual Motor Curian di Facebook, Komplotan Curanmor Dibekuk

Joni Lembang
Jual Motor Curian di Facebook, Komplotan Curanmor Dibekuk
Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto Sirait saat gelar press release di Mapolres Tana Toraja, ungkap komplotan curanmor. Foto : Joni Lembang/SINDOnews

TANA TORAJA - Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Tana Toraja menangkap empat pelaku pencurian kendaran bermotor yang sering beraksi di wilayah hukum Polres Tana Toraja.

Terungkapnya jaringan curanmor yang melibatkan empat pelaku itu berawal dari salah satu pelaku yang menjual sepeda motor curian di media sosial facebook.

"Polisi menerima laporan masyarakat terkait ada sepeda motor tanpa dilengkapi dokumen surat kendaraan dijual seseorang melalui facebook grup Toraja Dagang. Dari laporan itu, petugas kemudian melakukan penyelidikan," ungkap Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto Sirait saat menggelar press release di Mapolres Tana Toraja.
 
Dia mengatakan, saat melakukan penyelidikan, pihaknya berhasil melacak identitas dan keberadaan pelaku melalui facebook. Pelaku berinisial El pun ditangkap di depan Rumah Sakit Elim, Rantepao kabupaten Toraja Utara.



Dari pengakuan El, dirinya tidak sendiri melakukan aksi curanmor melainkan bersama-sama empat rekannya yang lain. Polisi pun bergerak cepat dan berhasil menangkap tiga pelaku curanmor yang juga rekan El.

Ketiga pelaku lainnya tersebut RE ditangkap di Desa Tondon Sibata,  AG ditangkap di Desa Panga dan BO ditangkap di Kecamatan Sesean.  Sementara satu pelaku curanmor lainnya berinisial Al berhasil kabur dan masuk dalam daftar pencaharian orang (DPO)

"Keempat pelaku sudah diamankan di Mapolres Tana Toraja.  Sedangkan Al,  yang masuk dalam DPO masih dalam pengejaran polisi," ujar orang nomor satu di jajaran Polres Tana Toraja itu.

Selain menangkap empat anggota komplotan curanmor,  polisi juga mengamankan empat unit sepeda motor hasil curian komplotan curannmor itu.  

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal  363 (ayat 1) KUHP junto pasal 55 (ayat 1), junto pasal 65 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook