TOPIK TERPOPULER

Terapkan Sistem Merit, Karir ASN Luwu Kini Lebih Terarah

Chaeruddin
Terapkan Sistem Merit, Karir ASN Luwu Kini Lebih Terarah
Plt Kepala BKPSDM Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin dalam kegiatan coaching clinic merit sistem di Kota Makassar selama 2 hari, Senin dan Selasa, 29-30 November 2021. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu sudah menerapkan sistem merit sejak tahun 2021.

Guna pengembangan dan pemantapan pelaksanaannya di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, BKPSDM terus menggenjot SDM para pegawai melalui coaching clinic merit sistem di Kota Makassar selama 2 hari, Senin dan Selasa, 29-30 November 2021.

Baca juga: APBD Luwu Diketok, Pendidikan dan Kesehatan Penuhi Mandatory Spending

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin menjelaskan tentang sistem merit ini.

"Sistem merit merupakan suatu sistem manajemen kepegawaian yang menekankan pertimbangan dasar kompetensi bagi calon yang diangkat, ditempatkan, dipromosi dan dipensiunkan sesuai UU yang berlaku," ujarnya, Selasa (30/11).



Penerapan sistem merit di Pemkab Luwu, kata Ahkam, sebagai wujud upaya BKPDM sebagai lembaga yang diberikan tanggung jawab mengelola kepegawaian di Kabupaten Luwu dalam membenahi ASN. Sehingga ke depannya, ASN lebih bersaing serius, menunjukkan kompetensinya.

Baca juga: Penyusunan RDTR Perkotaan Matoto Diharap Prioritaskan Ruang Terbuka Hijau

Sistem merit dibangun untuk mengelola kepegawaian berbasis kompetensi, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 berdasarkan Perpres No 18 Tahun 2020.

"Jadi setiap ASN jelas kinerjanya, dan tugasnya. Menjamin pola karir setiap PNS, sampai pensiun, dia menjadi apa 5 tahun ke depan, sudah ada gambaran berdasarkan kinerjanya," jelasnya.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!