Gempa Tektonik M3,7 Guncang Garut Akibat Aktivasi Sesar Garsela

Rabu, 01 Desember 2021 - 07:38 WIB
loading...
Gempa Tektonik M3,7 Guncang Garut Akibat Aktivasi Sesar Garsela
Gempa tektonik M3,7 mengguncang Garut akibat aktivasi sesar Garsela.Foto/ilustrasi
A A A
GARUT - Garut diguncang gempa bumi tektonik magnitudo 3,7 pada pukul 07:05:45 WIB, Rabu (1/12/2021). Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,7. Episenter gempa terletak pada koordinat 7.26 LS dan 107.69 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 Km Barat Daya Kabupaten Garut pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Baca juga: Antisipasi Gelombang Tiga COVID-19, Dinkes Kota Bandung Siagakan 946 Tempat Tidur

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pasirwangi, Kamojang, Paseh dengan Skala Intensitas IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Smenatra di Garut, Pangauban, Bayongbong, Cikajang, Samarang, Ciparay dirasakan dengan skala intensitas III MMI. Yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," jelas dia.

Menurut dia, hingga pukul 07:14 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuh dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)